PCT Menemani Persidangan GKI SW Jabar

SELISIP.com – Salah satu gereja mitra yang diundang dalam Persidangan Majelis Sinode Wilayah (PMSW) GKI SW Jawa Barat tahun ini, adalah rekan dari Presbyterian Church of Taiwan (PCT). Diwakili oleh ketua dan sekretaris jenderal sinodenya – Rev. Sudu Tada dan Rev. Ching-An Yeh – PCT turut memberi sambutan dalam PMSW yang digelar tiga hari (22-24/9) di Zuri Resort and Convention, Cipanas.

Kemitraan PCT dengan GKI SW Jawa Barat baru dijajaki sejak April 2016. Rev. Ching-An Yeh berharap ada kemajuan yang bisa diperoleh kedua gereja dalam meningkatkan pelayanan, baik Indonesia maupun di Taiwan. Pimpinan gereja protestan terbesar di Taiwan ini menyadari bahwa posisi minoritas umumnya gereja-gereja di Asia, bukanlah penghalang untuk karya bagi sesama.

“Sinergi dan saling belajar antar gereja di Asia akan memberi kontribusi besar bagi kawasan ini dan bagi dunia,” ujar Sekjen sekaligus Pengurus Bidang Ekumene Internasional PCT ini.

Rev. Sudu Tada mencontohkan bahwa PCT sangat banyak belajar mengenai pelayanan dalam wajah yang ramah dan bersahabat dari gereja-gereja di Indonesia, khususnya di lingkup GKI SW Jawa Barat. Di sisi lain PCT dapat pula membantu memperlengkapi gereja-gereja di Indonesia dalam pelayanan berbasis Bahasa Mandarin, yang saat ini berkembang pesat sebagai bahasa asing kedua, selain Bahasa Inggris.

Kedua Pimpinan PCT ini juga menyoroti permasalahan tenaga kerja asal Indonesia (TKI) yang sekarang bekerja di Taiwan. Mereka berharap PCT dan GKI SW Jawa Barat dapat bekerja sama lebih jauh dalam membantu TKI yang mengalami permasalahan ketenagakerjaan di Taiwan.

“Kami agak kesulitan jika harus melakukannya sendiri. Kami perlu belajar dan bekerja sama dengan rekan-rekan dari Indonesia, khususnya gereja ini,” Rev Sudu Tada menyatakan harapannya. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA