Ester Tidak Menyebut Kata Tuhan

Ada begitu banyak fakta menarik di Alkitab yang jarang sekali kita ketahui. Salah satunya, Kitab Ester sama sekali tidak menyebut Tuhan. Wah kira-kira kenapa, yah? Apa kitab ini sama sekali tidak memuliakan Tuhan? Yuk, kita cari jawabannya.

Fokus Kitab Ester adalah menceritakan tentang upacara Purim. Upacara ini adalah pesta orang Yahudi yang dirayakan setiap hari 13-15 bulan Adar. Upacara ini menjadi ungkapan kebahagian orang Yahudi yang lepas dari kepicikan Haman. Haman awalnya hanya menginginkan kematian Mordekhai yang tida hormat kepadanya, namun iya tidak ingin mengotori tangannya hanya dengan membunuh satu orang. Lalu dia memohon kepada Raja untuk memusnahkan semua orang Yahudi yang berada di bawah kekuasaan Raja.

Namun, nasib berkata lain. Haman atas permintaan Ratu Ester yang sangat dikasihi Raja mendapat balasan atas keserakahannya. Raja mengizinkan orang Yahudi untuk melakukan perlawanan bagi mereka yang akan menyerang orang Yahudi. Berkat Ester dan Mordekhai, orang Yahudi bebas dari pembantaian tersebut dan Haman mendapat hukuman atas perbuatannya.

Lalu, mengapa dalam kitab ini tidak dicantumkan nama Tuhan? Apakah kita ini hanya mengagungkan kebaikan Ester dan Mordekhai yang membebaskan orang Yahudi dari pembantaian?

Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum dan keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.” – Ester 4:14

Ternyata tidak, Tuhan turut bekerja dan dinyatakan kemuliaannya dalam kitab ini. Pihak lain yang dimaksud dalam cerita ini tujukan kepada Tuhan. Ya, Tuhan turun tangan untuk memberikan pertolongan kepada orang Yahudi. Walaupun tidak tertulis secara implisit tetap saja Tuhan menjaga dan melindungi orang Yahudi dari kepicikan Haman.

Kitab Ester memberikan pelajaran mendalam bagi kita, seringkali ketika berada di titik terendah kehidupan kita seperti tidak melihat Tuhan. Sebenarnya Tuhan turut mengambil bagian untuk menjaga dan memberikan perlindungan bagi kita. Nah tugas kita adalah percaya! **yst

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA