Debora Sang Lebah Api

Meskipun ada dalam lingkungan budaya yang patriakal, namun Israel di masa Hakim-hakim pernah dipimpin oleh seorang hakim perempuan. Namanya Debora, ia tinggal di pepohonan korma antara wilayah suku Benyamin (Rama) dan suku Efraim (Betel). Debora diceritakan memerintah sebagai hakim sekaligus bertindak sebagai nabiah atas bangsa itu.

Kitab Hakim-hakim sebenarnya masih mencatat satu pemimpin lagi bernama Samgar bin Anat sebagai pemimpin ketiga atas federasi suku-suku Israel kuno (Hakim-hakim 3:31). Namun peran kepemimpinan Debora dikatakan bangkit sepeninggal Ehud, hakim berlengan kidal yang merupakan hakim kedua Israel setelah Otniel (Hakim-hakim 4:1). Mungkin saja kepemimpinan Samgar memang tidak terlalu baik dalam merawat keutuhan Israel (bandingkan Hakim-hakim 5:6). Yang jelas, di masa itu sebagian wilayah bangsa Israel memang tunduk pada penindasan Yabin, raja Hazor, wilayah Kanaan.

Peran Debora disebut bangkit dan menyentuh aspek sosial dan spiritual, kemudian aspek politik bangsa Israel. Tidak banyak sumber yang bisa digali terkait alasan mengapa Debora bisa menjadi pemimpin di tengah masyarakat Israel yang dianggap sangat patriakal kala itu. Bisa jadi, waktu itu tiap pemimpin lokal dan suku Israel memang enggan mengurus permasalahan mereka sebagai satu bangsa. Tiap suku punya urusannya masing-masing, tidak terlalu memperdulikan kehidupan teokratis mereka sebagai satu bangsa.

Identitas sampingan Debora yang disebut sebagai eshet lapidoth, perempuan dari lapidot, memang bisa memiliki sejumlah arti. Terjemahan yang paling umum menerjemahkannya sebagai istri dari seseorang yang bernama Lapidot. Namun, frasa itu juga bisa mengindikasikan asal kampung Debora, atau bisa pula diterjemahkan sebagai perempuan obor (perempuan api), yang sedikit banyak mengindikasikan karakternya. Demikian pula nama Debora itu sendiri yang berarti lebah penyengat.

Posisi kenabian perempuan memang diakui secara spiritual sejak Israel kuno. Miryam, kakak perempuan Musa, demikian pula Hulda dan Noaja, adalah contoh perempuan-perempuan yang dicatat mengemban fungsi penyampai suara Tuhan pada bangsa Israel, selain nama-nama nabi yang laki-laki. Namun Debora, adalah satu-satunya nabiah dalam sejarah Israel, yang sekaligus juga mengemban fungsi pemimpin. Ia pula satu-satunya perempuan yang disebut secara jelas, turun dalam medan pertempuran. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA