Matias: Rasul yang Diundi

Ini merupakan satu-satunya cerita dimana pengikut Kristus melakukan pengundian untuk mengambil keputusan. Kesebelas murid Yesus sedang mencari pengganti untuk Yudas. Mereka kemudian memilih antara dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias. Kedua orang itu memenuhi syarat bahwa mereka adalah orang yang senantiasa datang berkumpul dengan para rasul selama mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga (Kisah Para Rasul 1: 21-26).

Undian itu menghasilkan nama Matias. Maka Matias pun menjadi satu-satunya dari dua belas rasul yang bukan ditunjuk langsung oleh Yesus. Juga berbeda dengan Paulus, Barnabas, atau rasul lain, Matias menjadi bilangan para rasul sebelum peristiwa turunnya Roh Kudus. Meski demikian, dalam tradisi gereja diyakini, Matias ada dalam bilangan 70 murid yang juga pernah diutus tersendiri oleh Yesus, bersama dengan Yustus, Yakobus saudara Yesus, Filipus sang penginjil dan banyak tokoh gereja mula-mula.

Alkitab memang tidak menceritakan secara khusus kiprah Rasul Matias. Yang jelas, ia masih bersama dengan para rasul dari masa Pentakosta hingga sampai penganiayaan di Yerusalem. Menurut sejarahwan gereja Nicheporus, Matias, menyebarkan Injil di wilayah Yudea, kemudian ke wilayah yang kini menjadi wilayah bagian dari negara Georgia. Sementara dalam tradisi gereja Yunani, Matias juga dikabarkan mencapai wilayah Kapadokia hingga dekat ke Danau Kaspia.

Cerita terpilihnya Matias menunjukkan bagaimana upaya manusia dan tradisi ternyata juga mendapat peran tersendiri dalam panggilan pelayanan. Syarat kecakapan dan pengalamannya merupakan pertimbangan yang dikemukakan oleh para rasul, namun keterpilihannya yang diambil dengan cara mengundi adalah ikhtiar yang lazim dan menjadi tradisi di bangsa Yahudi kala itu.

Kisah ini memberi kesaksian bagaimana panggilan pelayanan ternyata tidak melulu merupakan penunjukkan yang terlihat oleh Tuhan, atau suara langsung dari Roh Kudus, namun bisa memakai bentuk yang sangat manusiawi dan alami seperti keterpilihan Matias. Kesejajaran poisi Matias dengan sebelas rasul yang dipilih langsung oleh Yesus, juga menunjukkan bahwa keputusan itu pun tidak dibedakan dengan cara lain dimana kuasa Tuhan lebih terlihat secara dramatis. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA