Garuda Fellows Menggaet Kepemimpinan Baru

Nama-nama seperti Joko Widodo, Ahok, Tri Rismaharini, Nurdin Abdullah, hingga Stephen Tong bermunculan dari tiap kelompok kaum muda. Mereka mengangkat nama-nama tadi saat ditanya siapa pemimpin terkini yang menurut mereka mempunyai teladan. Rekan-rekannya turut menanggapi serta memberi ide soal teladan apa saja yang bisa dilihat dalam kepemimpinan.

Tiga puluhan anak muda GKI dari tiap sinode wilayah, dan beberapa lagi dari gereja lain itu dengan santainya berinteraksi. Mereka adalah peserta kegiatan Garuda Fellows, yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (29/6-1/7) di Grand Zuri Resort, Cipanas. Kegiatan ini merupakan kerjasama Sinode GKI, Gerakan Kebangsaan Indonesia dan Institut Leimena.

Garuda merupakan akronim dari Generasi Pembaru Indonesia. Garuda itu sendiri direncanakan akan menjadi pembelajaran berbasis teknologi, sebagai upaya untuk mempersiapkan pemuda menjadi pemimpin publik yang berintegritas dan berdampak. Kegiatan tiga hari ini merupakan pertemuan awal, untuk kemudian peserta akan menjalani pelajaran berseri dengan platform pembelajaran online.

Ini merupakan revisi atas bentuk pelatihan kepemimpinan publik sebelumnya, yang memakan waktu seminggu, namun dirasa agak lambat perkembangannya. Diharapkan dengan metode baru seperti ini, pembelajaran bisa berlangsung lebih efektif dan interaktif,” ujar Budi Setiamarga dari Institut Leimena.

 

Sementara itu Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GKI, Pdt. Arliyanus Larosa berharap kegiatan ini juga menjadi pemicu kaum muda untuk terus menggumuli panggilannya bagi bangsa. Ia pun berharap Garuda ini menjadi komunitas yang saling menguatkan untuk berkarya bagi bangsa.

Kita butuh banyak teladan kepemimpinan. Tidak hanya di dunia politik, tapi juga di banyak bidang lain. Tidak melulu bicara soal teori-teori kepemimpinan, tapi membuat kita bisa menunjuk lebih banyak lagi contoh, seperti yang teman-teman sampaikan tadi,” ungkap Pdt. Arliyanus pada peserta.

Selama tiga hari, para peserta mengikuti 12 sesi yang dominan berupa diskusi interaktif. Pemantik diskusi berupa video, cerita dan contoh-contoh terkini menjadikan para peserta dengan lugas dan bebas bisa saling menanggapi, bertanya serta menyimpulkan. Hal yang diharapkan terus memicu daya kritis serta keterlibatan peserta untuk belajar menjadi pemimpin yang baru bagi bangsa ini. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA