GKI Serang dalam Ungkapan Kasih Idulfitri

Ini sebagai ungkapan persaudaraan. Idulfitri menjadikan saudara sesama manusia untuk menumbuhkan kedamaian di Banten,” ungkap Pdt. Benny Halim dari GKI Serang. Pernyataan itu disampaikan Pdt. Benny saat turut hadir di Alun-alun Barat, Kota Serang, pada Jumat (15/6). Di tempat itu tiap tahun rutin diadakan Shalat Ied berjamaah dalam rangka Idul Fitri 1 Syawal.

Di hari suci bagi umat Muslim itu, GKI Serang bersama segenap umat Kristiani yang merupakan elemen dari Badan Kerjasama Kristen dan Katolik (BK3) Kota Serang turut mengucapkan Hari Raya Idulfitri bagi masyarakat Muslim di Kota Serang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ekspresi toleransi antar umat beragama yang diyakini sudah terpupuk sejak lama di Provinsi Banten.

Terlihat di lokasi, sejumlah umat Kristiani beserta para polisi yang menjaga terlihat membantu memberikan alas berupa koran, juga selepas shalat Ied mereka memberikan kue dan minuman kepada masyarakat muslim yang melaksanakan salat ied di Alun-alun Barat, Kota Serang. Mereka sangat antusias dan sangat bergembira ikut membantu terlaksananya Hari Raya Idulfitri ini dengan aman dan damai.

 

Kapolda Banten Brigjen (Pol). Listyo Sigit Prabowo menilai bentuk kepedulian seperti ini adalah tradisi yang baik, menunjukkan rasa cinta antar sesama umat manusia. “Saya mengapresiasi yang dilakukan oleh rekan-rekan dari Badan Kerjasama Kristen dan Katolik, dibantu oleh rekan-rekan dari TNI dan POLRI ikut membagikan alas dan makanan pada yang menjalankan shalat Ied. Ini merupakan bentuk kegiatan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Banten, khususnya di Kota Serang,” ungkapnya.

Bagi GKI Serang sendiri kegiatan ini merupakan bagian dari tindakan kasih dan menyatakan toleransi serta kerukunan. Selain terlibat dalam acara berbagi di momen Idulfitri ini, sebelumnya GKI Serang bersama sejumlah relawan dari Komis Dewasa Klasis Banten juga mengadakan aksi kasih bagi para petugas pengamanan di pos-pos mudik, serta juga ikut berbagi berbuka puasa di sejumlah Masjid di wilayah Serang.

Menurut Pdt. Benny ini adalah wujud nyata toleransi yang saling berkesinambungan untuk meningkatkan persaudaraan. Salah satu cara meningkatkan persaudaraan itu dengan melakukan aktifitas nyata seperti yang mereka lakukan. “Toleransi ini harus dipertahakan untuk memajukan NKRI. Ke depan, kami berharap persaudaraan ini tetap terjalin dan terjaga,” pungkasnya. **arms

Foto: Pdt. Benny Halim

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA