Jangan Kecele Mencari GKI

Tergantung riwayat pencarian, saat mengetikkan kata ‘GKI’ di mesin pencari, umumnya kita akan memperoleh sejumlah variasi.

Sebagian dari kita, karena pernah beberapa kali mencari soal gereja, mungkin akan langsung terujuk pada yang terkait Gereja Kristen Indonesia. Bisa jadi itu ke laman wiki atau maps dan info GKI yang terdekat dengan lokasi. Bisa juga langsung ke situs milik sinode GKI (sinodegki.org), ke SELISIP, ke IGNITE, juga ke salah satu sinode wilayah (biasanya GKI SW Jawa Tengah), klasis atau website salah satu jemaat GKI. Mungkin juga ke media sosial yang dikelola jemaat.

Tak jarang pula kita terarah ke salah satu badan pelayanan atau kegiatan yang dikelola GKI. Sebab di gereja ini ada kebiasaan menamai sejumlah pelayanan, juga dengan singkatan GKI seperti Gerakan Kemanusiaan Indonesia, Griya Kasih Indah, Gerakan Kebangsaan Indonesia, dan lainnya.

Namun, ada juga kemungkinan kita akan terujuk ke beberapa situs yang bukan situs resmi, tetapi memberi sedikit informasi soal GKI. Contohnya situs gki.or.id yang telah dikonfirmasi oleh BPMS GKI sebagai laman palsu yang tidak terkait dengan sinode GKI. Atau contoh lain sejumlah blog-blog pribadi yang memuat informasi soal gereja ini, yang tentu saja bukan merupakan suara resmi gereja.

Tapi, range pencariannya tidak selalu begitu. Kalau Anda tergolong orang yang suka mencari info soal diet dan menghitung kadar gula dalam makanan, Anda mungkin akan terujuk ke sejumlah situs atau media sosial yang membahas tentang GKI yang lain, yaitu glucose ketone index. Atau jika Anda cukup sering menggunakan fasilitas search di facebook, Anda mungkin akan terhantar ke Grup Kuliner Indonesia, yang beranggotakan lebih dari 70.000 orang dan amat aktif dalam mempromosikan makanan. Tentu saja kedua GKI ini bukanlah gereja, seperti juga sejumlah singkatan GKI lain, yang bisa jadi populer di salah satu ceruk sendiri dunia maya.

Bahkan, ketika menambahkan kata ‘gereja’ dalam pencarian, kita mungkin tetap akan terhantar ke informasi soal gereja lain selain Sinode Gereja Kristen Indonesia. Yang paling sering adalah beririsan dengan sinode Gereja Kristen Injili di Tanah Papua. Berhubung kedua sinode gereja ini menggunakan beberapa kosakata yang sama seperti klasis, sinode, persidangan, tata gereja atau komisi.

Di Indonesia, masih ada dua gereja lain yang biasa memakai inisial depan GKI, yaitu Gereja Kristen di Indonesia di Sumatera Utara (GKI SUMUT) dan Gereja Kristen Indonesia di Sulawesi Selatan (GKI SULSEL). Kedua sinode gereja ini memang punya sejarah yang hampir mirip dengan GKI, karena bermula dari penginjilan kepada warga jemaat berlatar etnis Tionghoa, kemudian menjadi gereja yang terbuka dan multietnis.

Sementara itu, sejumlah komunitas Indonesia di luar negeri ada yang merintis gereja berbahasa Indonesia, juga dengan inisial depan GKI atau Gereja Kristen Indonesia, misalnya GKI San Fransisco, GKI Monrovia atau GKI San Jose. Nama-nama ini kerap muncul saat kita melakukan pencarian term ‘GKI’ di internet, sebab cukup banyak jemaat tersebut mengunggah konten, terutama berupa khotbah mingguan.

Sejauh ini dari semua yang memakai nama GKI di luar negeri, baru GKI Perth yang punya keterkaitan kelembagaan dengan sinode Gereja Kristen Indonesia, karena merupakan pelayanan bersama GKI SW Jawa Barat dan UCA Synod of Western Australia. Hal yang bisa dilihat dari tema-tema ibadah minggunya yang sama dengan tema Sinode GKI, juga pelayannya yang adalah para pengerja di GKI.

Tentu saja penggunaan nama Gereja Kristen Indonesia, atau inisial GKI, bukanlah monopoli Sinode GKI. Namun, tentu cukup menarik untuk melihat fenomena pencarian di atas, supaya tidak kecele dengan GKI yang kita maksud. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA