Talkshow Anti Narkoba Bajem Petak Asem

Kita lihat bagaimana tissu ternyata juga bisa dipakai untuk penyuluhan anti Narkoba,” ujar Brigjen Pol. Victor Pudjiadi SpB, FICS, DFM menarik perhatian. Direktur Advokasi Deputy Bidang Pencegahan di Badan Narkotika Nasional (BNN) itu lantas membakar tissu di atas sebuah nampan. Ia langsung menutup nampan itu, lantas ajaibnya tissu yang terbakar langsung ‘berubah’ menjadi spanduk bertuliskan pesan: “Narkoba No! Prestasi Yes!

Tepuk tangan langsung terdengar keras, menyambut atraksi Brigjen Victor. Semua yang hadir langsung menirukan pesan: “Narkoba No, Prestasi Yes,” lantas ditambah dengan yang disebut pesan ‘sponsor’: “GKI dan RW 05, Yes.. Yes… Yes!” Momen itu menjadi penutup yang sangat atraktif menguatkan pesan agar kaum muda menjauhi narkoba.

Keseruan itu adalah bagian dari talkshow Generasi Keren Tanpa NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) di Lapangan RW 5 Kolong Tol Penjaringan pada Sabtu (7/7). Kegiatan ini merupakan kerjasama Bidang Kesaksian Pelayanan Masyarakat GKI Perniagaan Bakal Jemaat Petak Asem dengan RW 05 Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

 

Penyampaian Brigjen Victor memang sangat memukau. Dengan gamblang ia memaparkan bahaya narkoba serta bagaimana orang tua dan generasi muda bisa mengenali permasalahan-permasalahan sosial yang banyak menyebabkan orang terjerat narkotika.

Menurut Brigjen Victor, narkotika, psikotropika dan zat-zat adiktif lain itu sebenarnya memiliki kegunaan yang besar saat digunakan dengan pengawasan seperti pada penggunaan medis. Namun akan menjadi barang terlarang ketika dimanfaatkan bukan pada tempat dan waktu serta tanpa ijin dari pihak terkait. Penyalahgunaan narkoba sangat dekat dengan maut sehingga harus dijauhi. “Orang menjadi malas dalam hidup dan dapat merusak kesehatan, merusak jaringan tubuh, dan memacu tindak kriminalitas,” ujarnya.

Tidak hanya memaparkan dengan rinci setiap pokok bahasan, sesekali Brigjen Victor menyelingi presentasinya dengan humor dan atraksi sulap. Tak heran, sebab ia adalah satu-satunya anggota kepolisian Republik Indonesia yang pernah menerima penghargaan dari Merlin Award International Magicians Society, asosiasi para pesulap internasional.

 

Apa yang disampaikan Brigjen Victor nampaknya sangat memunculkan antusiasme peserta talkshow. Puluhan masyarakat yang hadir begitu bersemangat mengikuti presentasi yang disampaikan. Dalam kesempatan ini hadir pula perwakilan kepolisian setempat serta sejumlah pimpinan warga.

Bagi Bakal Jemaat Petak Asem kegiatan ini merupakan kontribusi dan kerjasama yang diharapkan terus terwujud bersama masyarakat sekitar mereka. **arms

Foto: Metlin Natalia

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA