Murid-murid Kristus yang Taat

Dalam pengertian Alkitab, kata “murid” tidak hanya berarti orang yang belajar, tapi juga berarti pengikut yang mengabdikan diri pada guru atau pembimbingnya. Dalam Perjanjian Lama, misalnya, kita melihat contoh seperti Yosua menjadi pengikut dan penerus Musa, atau Elisa menjadi pengikut dan penerus Elia. Di Perjanjian Baru juga ada pengikut Yohanes Pembaptis, Yesus Kristus dengan keduabelas rasul, serta Paulus dengan Timotius, Titus dan yang lainnya.

Dengan pengertian demikian, kita dapat menyebutkan bahwa murid Kristus adalah orang-orang percaya yang mau belajar tentang segala ajaran Kristus serta mengabdikan diri untuk mengikut Kristus. Tentu saja, tidak semua orang percaya bersedia menjadi murid Kristus dalam pengertian seperti ini. Mengapa? Karena mereka enggan untuk mempelajari dan melakukan ajaran Kristus dalam kehidupan mereka.

Kita pantas untuk bertanya secara reflektif: “Bila kita telah mengaku diri sebagai Kristen, apakah kita sudah benar-benar mempelajari dan melakukan ajaran Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari?”Juga pertanyaan selanjutnya: “Apakah tujuan kita belajar menjadi Kristen? Bagaimana kita berproses menjadi dalam hal itu?

Murid, Hidup Baru dan Ketaatan
Menurut Alkitab seorang Kristen adalah seorang murid Kristus. Seorang Kristen telah menempatkan imannya dalam Tuhan Yesus Kristus (Yohanes 1:12), dilahirkan kembali oleh kuasa Roh Kudus (Yohanes 3:3), dan sedang diperbarui setiap hari supaya semakin serupa dengan Kristus (2 Korintus 3:18).

Seorang Kristen sejati dikenal bukan semata karena julukan yang disematkan sebagai identitas agama. Ia harus menjadi murid Kristus. Sedari awal kita telah diingatkan akan harga yang harus dibayar, yaitu hidup yang diserahkan untuk mengikut Yesus. Seorang Kristen menaati ajaran Kristus, menjadikan Kristus sebagai prioritas utamanya dan hidup dalam pengertian tersebut. Ia pun aktif dalam menunjukkan dan menginspirasi orang menjadi murid Kristus (Matius 28:19-20).

Ciri yang merangkum seluruh identitas Kristiani itu ada dalam pengertian “hidup yang baru.” Seorang yang mempercayai Kristus punya kehidupan yang baru yang dalam kebaruannya memancarkan kehidupan itu pada sekitarnya. Kasihnya pada Kristus, akan menjadikannya taat. Buah ketaatan itu pun dirasakan sebagai berkat oleh sekelilingnya.

Penulis: Pdt. Talsum Santosa (GKI Cicurug)

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA