Nama Terpanjang di Alkitab

Umumnya, nama tokoh-tokoh Alkitab terdiri dari satu kata saja. Biasanya merupakan konstruk dari satu atau dua kata. Kita tahu, misalnya, nama Ishak dari kata Ibrani, Yitshaq, yang berarti tertawa atau dia tertawa, atau Yunus, Yonah, yang berarti merpati. Ada pula Elia, yang merupakan konstruk dari El dan Yahweh, berarti “El ialah Yahweh.” Atau Abimelekh, yang merupakan konstruk dari av/abi dan melekh, sehingga berarti “bapaku adalah raja.

Beberapa tokoh memang mempunyai nama lain, semisal Yakub disebut juga Israel, Simon disebut juga Petrus atau Kefas, atau Lewi yang disebut juga Matius. Ada pula seperti Paulus, yang mempunyai nama Ibrani Saul, Daniel yang mempunyai nama Babel Belsyazar, Hadasah yang mempunya nama Persia, Ester. Beberapa tokoh juga sering merujuk namanya dengan nama leluhurnya seperti Yosua bin Nun, Zakharia bin Berekhya bin Ido. Tetap saja, umumnya mereka hanya disebut dengan satu kata.

Nama Empat Kata
Hanya ada satu orang di Alkitab yang namanya memakai empat kata sekaligus. Dia adalah Maher-Syalal Hash-Bas, putra kedua Nabi Yesaya. Di Yesaya 8, kita melihat kisahnya, sehingga dia dinamai seperti itu.

Latar saat itu adalah kira-kira tahun 734 SM, Rezin Raja Syiria (Aram) dan Pekah, Raja Samaria mengepung kerajaan Yehuda. Alih-alih berharap pada Tuhan, Raja Yehuda, Ahas, meminta pertolongan pada Raja Asyur. Sehingga Yehuda menjadi sekutu Asyur dan berhasil mengusir kedua kerajaan itu.

Yesaya pun bernubuat bahwa Asyur akan menghancurkan ketiga kerajaan itu. Hal yang dalam situasi politis saat itu mustahil terjadi. Namun Tuhan berfirman bahwa itu segera menjadi kenyataan. Tak tanggung-tanggung Yesaya menunjuk dua orang sebagai saksi Imam Uria dan Zakharia. Dua orang yang secara politis ada di pihak Raja Ahas. Jadi jika perkataan Yesaya terbukti, kesaksian mereka akan cukup kuat.

Yesaya pun menuliskan kata Maher-Syalal Hash-Bas, serta menamai anaknya dengan kata yang sama. Secara harafiah kata itu kira-kira berarti jarahan cepat, rampasan bersegera. Sebab sebelum anak itu bisa berbicara, Asyur dinubuatkan sudah menjarah dan merusak Syiria, Samaria dan Yehuda.

Nama ini memang punya makna simbolik serta profetik. Sama seperti nama Syear Yasyub, kakaknya, atau Imanuel yang juga ada dalam rangkaian nubuat Yesaya. Namun, sekaligus dengan empat kata itu, nama ini menjadi nama tokoh Alkitab terpanjang. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA