Pesan P-76 MSW GKI Sinwil Jabar

P-76 MSW GKI Sinwil Jabar masih mengusung tema “Tuhan mencipta, manusia ikut serta” dengan sub tema: “mewujudnyatakan pembaruan hidup dengan berbagi ruang dalam kehidupan bersama”. Namun tahun ini, titik berat pergumulan GKI Sinwil Jabar di dalam dan melalui P-76 MSW GKI Sinwil Jabar ini adalah perhatian pada kaum muda. Juga bagaimana GKI Sinwil Jabar bersedia membaharui diri dalam kehidupan berjemaat di tengah arus perubahan yang sedemikian cepat.

Seminar di hari 1 “Transformasi Pendidikan Kaum Muda sebagai Upaya Gereja dalam Membangun Bangsa”  menegaskan sekaligus menjadi pengantar bagaimana gereja harus terus berubah dan di dalam perubahan itu memberi perhatian terhadap ragam generasi yang ada dalam gereja, sehingga gereja sendiri juga menjadi gereja yang relevan bagi setiap generasi yang ada. Pendekatan Intergenerasional ini juga seharusnya menjadi pendekatan yang diupayakan dalam kehidupan berjemaat di lingkup GKI Sinwil Jabar.

Persidangan juga mengesahkan Pemandangan Umum dan Kebijakan Umum Arahan Program (KUAP) tahun pelayanan 2019-2021 sebagai hasil pergumulan bersama. Selama ini seringkali KUAP tidak benar-benar digunakan sebagai acuan dalam penyusunan program di semua lingkup GKI Sinwil Jabar.

Menghayati KUAP sebagai kristalisasi pergumulan kita bersama maka mari kita saat akan menyusun program, baik di lingkup jemaat, klasis, sinode wilayah, juga badan pelayanan-badan pelayanan yg ada di setiap lingkupnya memperhatikan KUAP yang sudah disahkan dalam persidangan majelis sinode wilayah GKI Sinwil Jabar ini.

Di dalam P-76 MSW GKI Sinwil Jabar, juga dibahas materi dari BPMS yang mencerminkan keberadaan dan aneka masalah yg menjadi pergumulan GKI sebagai Sinode, yang akan dibahas dalam PMS GKI bulan November nanti. Persidangan juga meminta BPMS GKI untuk terus dan makin memperhatikan serta memberi ruang bagi setiap generasi yang ada di GKI untuk berperan secara optimal sebagai sesama anggota Tubuh Kristus. Ini menunjukkan bahwa memang gereja harus terus bersedia membaharui diri dan tidak terjebak dalam rutinitas semu, namun tetap memperlengkapi diri sehingga gereja tetap menjadi berkat.

Syukur kepada Tuhan karena dalam P-76 MSW  ini kita menerima dan mengesahkan laporan Panitia Pemilihan Personalia Pendidikan mengenai Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum YBPK PENABUR dan YPTK Krida Wacana, sebagai berikut:

YBPK PENABUR
Ketua Umum: Bpk. Adri Lazuardi (GKI Kota Wisata)
Sekretaris Umum: Bpk. Arif Suryanto (GKI Gading Serpong)
Bendahara Umum: Bpk. Gunawan Santoso (GKI Halimun)

YPTK Krida Wacana
Ketua Umum : Bpk. Hidajat Lesmana(GKI Wahid Hasyim)
Sekretaris Umum : Bpk. Budi Tarbudin (GKI Gading Serpong)
Bendahara Umum : Bpk. Kristianto Setiawan (GKI Kosambi Baru)

Terpilihnya pengurus yang baru menandakan kesetiaan jemaat yang mau di tengah kesibukannya bersedia secara total memberi diri untuk melayani dalam bidang pendidikan. Susunan pengurus ini masih akan dilengkapi dalam waktu 30 hari dan tentu saja kami berharap gereja juga mendukung anggota jemaat yang terpilih juga untuk ikut serta dalam kepengurusan di lembaga pendidikan. Kami juga mengucapkan terimakasih bagi mereka yang sudah mengakhiri masa pelayanannya, kiranya Tuhan menyempurnakan setiap pelayanan yang dilakukan.

Dalam persidangan, Panitia Evaluasi PTKSW melaporkan hasil evaluasi ketiga PTKSW GKI Sinwil Jabar atas diri Pdt. Sheph Davidy Jonazh, Pdt. Jotje Hanri Karuh, dan Pdt. Cordelia Gunawan dan ketiganya dinyatakan dapat melanjutkan pelayanan sebagai PTKSW di BPMSW 2019-2023. Pdt. Sheph Davidy Jonazh dan Pdt. Cordelia  menyatakan kesediaannya untuk melanjutkan pelayanannya sebagai PTKSW di BPMSW 2019-2023, sedangkan Pdt. Jotje, dalam pergumulannya, memilih untuk kembali melayani sebagai pendeta dengan basis pelayanan Jemaat dan karena itu tidak bersedia untuk melanjutkan pelayanan sebagai PTKSW. Dengan demikian Persidangan memutuskan Pdt. Sheph Davidy Jonazh dan Pdt. Cordelia akan melanjutkan pelayanan sebagai PTKSW di BPMSW  2019-2023. Persidangan  juga  menerima  keputusan Pdt. Jotje untuk kembali melayani di jemaat.

Dalam Persidangan Majelis Sinode Wilayah tahun yang akan datang akan dilantik BPMSW 2019-2023. Selama setahun ini P3 akan menyiapkan susunan personalia BPMSW dan dimohon jemaat untuk juga mau berkiprah dan memberi kesempatan dan dukungan bagi pendeta dan/atau penatua dari jemaatnya jika dibutuhkan dan dipilih untuk berkiprah di lingkup yang lebih luas tsb.

Kita bersyukur kepada Tuhan sang Kepala Gereja bahwa P-76 MSW GKI Sinwil Jabar ini telah berlangsung dengan baik. Kiranya hal ini juga mengingatkan kita lagi akan keberadaan kita sebagai satu kesatuan tubuh Kristus yg utuh. Mari kita terus berjalan bersama dalam Kasih Allah yang tidak hanya memelihara namun juga memperbaharui kehidupan jemaatNya.

Zuri Resort Cipanas, 29 September 2018

Tim Perumus:
Pdt. Ronny Nathanael
Pdt. Ellisabeth Hasikin
Pdt. Cordelia Gunawan

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA