Awal Tahun di GKI Cipinang Elok

Kalau tahun baru, terus hujan gerimis begini, kita di GKI lagunya apa, Bapak Ibu sekalian? Pastilah Kidung Jemaat 403, Hujan Berkat kan Tercurah,” ungkap pendeta jemaat GKI Cipinang Elok, Pdt. Diana Bachri.

Pdt. Diana juga menyapa sejumlah jemaat yang mungkin belum tidur karena malamnya selepas acara kebaktian akhir tahun di gereja, biasanya juga ada acara khusus bersama keluarga. Sementara kebaktian awal tahun di GKI Cipinang Elok sudah dimulai sejak pagi. “Bapak Ibu ini belum tidur selama setahun,” candanya.

Hari itu Selasa pagi (1/1) GKI Cipinang Elok mengadakan kebaktian awal tahun dimulai pukul 09.00 pagi. Diiiringi Ansembel Adora yang diisi pemusik lintas usia, jemaat terlihat bersemangat menyanyikan kidung pujian. Seolah mencerminkan semangat yang baru bagi jemaat yang ada di lingkup GKI Klasis Jakarta Timur ini, untuk menapaki tahun 2019.

Dalam khotbah yang mengambil dari kisah Hanna di 1 Samuel 2: 11-26, Pdt. Diana mengajak jemaat untuk belajar dari Hanna dan Samuel, menjadi orang yang semakin dikasihi Tuhan dan manusia.

Hanna adalah orang yang lewat pergumulan kesehariannya, menjadi orang yang akrab dengan Tuhan. Kedekatan Hanna dengan Tuhan serta konsistensi dan ketaatannya inilah yang memampukan Samuel untuk hidup benar, meski di tengah lingkungan yang penuh kemunafikan di rumah Imam Eli. Demikian pula sikap Samuel yang selalu melatih dirinya dalam disiplin rohani, membuat karakternya peka untuk mengetahui kehendak Tuhan dan bertumbuh dengan penuh ketaatan.

Adakalanya dalam pembentukan kita mencari kehendak Tuhan, memang kadang kita mentok, harus memutar arah. Tidak semuanya mudah,” ungkap Pdt. Diana. Di tahun yang baru ini, permasalahan serupa pun bisa saja akan dihadapi. Namun, Pdt. Diana mengingatkan agar jemaat mulai berkomitmen untuk membangun hubungan yang akrab dengan Tuhan serta bertumbuh dalam ketaatan.

READ  Akhir dari Teologi Tubuh II

Hubungan yang akrab dan ketaatan itulah yang membuat kita dapat melihat dan merasakan sendiri kebaikan Tuhan serta indahnya diproses dan diberkati. Itulah hujan berkat yang sejati, yang bisa kita nikmati sepanjang tahun. **arms

Selisip

About Selisip

SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.

KOMENTAR ANDA