Yudas
Yudas yang dimaksud bukanlah salah satu dari 12 murid Yesus, apalagi Yudas Iskariot, yang mengkhianati-Nya. Ini adalah Yudas saudara Yakobus, anak Yusuf dan Maria (Markus 6:3). Seperti telah disebutkan, saudara-saudara Yesus tidak percaya kepada-Nya sebelum kebangkitan-Nya. Tidak dijelaskan di Alkitab bagaimana Yudas menjadi percaya kepada Tuhan Yesus, apakah melalui sebuah penampakan seperti halnya kepada Yakobus, saudaranya?

Yang jelas, Yudas kemudian menjadi percaya kepada-Nya dan aktif melayani-Nya. Hal ini terbukti bahwa ia menjadi penulis Kitab Suci, yakni kitab Yudas. Dalam kitabnya tersebut, Yudas memperkenalkan dirinya sebagai hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus.(Yudas 1:1). Kendati pada masa itu ada beberapa orang yang memakai nama Yakobus, tetapi karena hanya satu Yakobus yang terkenal dan paling berpengaruh pada masa itu, maka bisa disimpulkan bahwa Yakobus anak Yusuf dan Marialah yang dimaksud.

Sekalipun tidak dijelaskan di Alkitab bagaimana pelayanan Yudas setelah kebangkitan Yesus, namun mengingat dia adalah seorang penulis kitab suci, maka kita dapat menyimpulkan bahwa pengaruhnya sangat besar di antara gereja mula-mula. Nada tulisannya juga mengindikasikan bahwa ia seorang pemimpin yang berpengaruh terhadap para pembaca suratnya. Lagipula dalam 1 Korintus 9:5 disebutkan tentang saudara-saudara Yesus yang bepergian memberitakan Injil.

Yusuf
Yusuf adalah saudara Yesus yang lain, anak biologis Yusuf dan Maria (Matius 13:55). Dalam Markus 6:3, namanya disebut Yoses. Yusuf, ia kemudian percaya kepada Yesus, saudaranya, sebagai Mesias. Hal ini tampak dari fakta bahwa saudara-saudara Tuhan Yesus, termasuk Yusuf, turut berdoa di Yerusalem untuk pencurahan Roh Kudus, setelah Yesus naik ke sorga (Kisah Para Rasul 1:14).

Saudara-saudara Yesus ini kemudian aktif juga melayani dengan bepergian ke berbagai tempat untuk memberitakan Injil. Hal ini bisa dilihat ketika rasul Paulus menyinggung tentang saudara-saudara Tuhan yang melakukan perjalanan pemberitaan Injil dengan membawa istri mereka masing-masing (1 Korintus 9:5). Tentu yang dimaksud rasul Paulus dengan saudara-saudara Tuhan di sini adalah keempat anak laki-laki Yusuf dan Maria (Matius 13:55), termasuk Yusuf di antaranya. Jadi kendati namanya tidak disebut secara langsung, Yusuf saudara Yesus juga aktif dalam pelayanan setelah kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga.

Simon
Simon juga adalah saudara Yesus, saudara seibu sebapa dengan Yakobus, Yudas, dan Yusuf (Matius 13:55). Seperti telah disebut di atas, Simon juga terlibat dalam doa untuk menanti-nantikan pencurahan Roh Kudus. Kemudian ia juga ikut bepergian memberitakan Injil ke berbagai tempat.

Semua saudara laki-laki Yesus pada akhirnya aktif dalam pelayanan, sekalipun sebelumnya mereka sangat menentang Yesus, bahkan menganggap-Nya sudah tidak waras lagi (Markus 3:21).

Demikianlah kisah anggota keluarga Yesus yang terlibat aktif dan memberikan dukungan yang besar bagi kisah perjalanan dan pengajaran Yesus di dunia. Sekalipun mereka pernah menjadi bagian orang yang tidak mempercayai Yesus. Tenaga, materi dan waktu mereka sediakan untuk membantu Yesus menceritakan kebenaran di dunia. Merekalah bagian dari lingkaran Yesus yang memberikan hatinya untuk melayani. **yst

Author

  • Selisip

    SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.