Pada libur Hari Lahir Pancasila, Kamis lalu (1/6), dua puluh pemuda dari Community of Youth (COY) Bandung bertandang ke Cianjur. Mereka mengunjungi rumah belajar yang ada di Pos Jemaat Ciranjang [lihat: Rumah Belajar Ciranjang Bantu Biaya Pendidikan Pengajarnya] serta turut membantu pasar barang murah yang diadakan di GKI Cianjur guna menunjang operasional rumah belajar tersebut.

Hendrik, salah seorang pemuda GKI Cianjur menceritakan kegiatan ini bermula dari diskusi tentang pendidikan bersama rekan-rekan COY Bandung, sehabis bincang di Temu Raya Pemuda 2017.

Di Bandung kan sudah ada yang membuat taman belajar. Sementara kita di Cianjur sudah berjalan hampir lima tahun. Teman-teman COY ingin belajar, sekaligus berbagi pengalaman juga bersama kami. Ikut bantu pasar barang murah juga,” jelas Hendrik.

Kami senang sekali, kawan-kawan Bandung datang berkunjung. Apalagi mereka sebelumnya telah mengumpulkan barang dari gereja masing-masing untuk mendukung pasar murah Cianjur ini. Ya kita kan memang satu klasis, tapi karena terhalang jarak, jadi jarang ketemu,” tambah Hendrik sembari menceritakan antusiasme warga majelis dan jemaat GKI Cianjur yang ikut menyambut rekan-rekan COY Bandung.

Antusiasme yang sama juga dirasakan oleh para pemuda yang tergabung di COY Bandung. Albert, salah seorang core team di COY Care merasa banyak sekali mendapat inspirasi dari apa yang dilakukan oleh pemuda dan jemaat GKI Cianjur.

Kami salut, dengan dana yang tidak terbilang besar, juga SDM yang terbatas, rumah belajar ini bisa berjalan terus. Apalagi saat kami melihat pemuda dan warga jemaat lain bahu-membahu mendukung pasar murah. Ini bermanfaat sekali, baik buat mendukung rumah belajar, lantas juga jadi berkat buat warga sekitar,” tutur Albert.

BACA JUGA  Pemuda GKI Guntur Bertemu IPNU

Meski menghabiskan waktu seharian dari pagi hari berangkat dari Bandung, siang, hingga selesai jelang maghrib, Albert mengaku tetap bersemangat sebab melihat sambutan yang juga sangat inspiratif dari pemuda dan warga jemaat GKI Cianjur.

Majelis dan jemaat menyambut ramah sekali. Bahkan ikut bantu sediakan konsumsi buat kita. Memang hospitalitas jemaat di sini sangat baik dan patut ditiru,” puji Albert.

Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi sekaligus referensi bagi COY Bandung, untuk mengerjakan program pendidikan dan kepedulian pada masyarakat. Lebih dari sekedar melihat bagaimana program dijalankan dengan terus belajar, para pemuda ini juga berharap mereka menangkap semangat dan prinsip mendasar dalam membangun pelayanan pemuda yang peduli dan berkarya di masyarakat. **arms