Apa yang membuat Eunike yang dididik dalam tradisi Yahudi yang baik oleh ibunya Lois akhirnya menikah dengan seorang yang bukan Yahudi? Pertanyaan itu tidak pernah menghasilkan jawaban yang pasti. Yang jelas, Eunike memang tinggal di kota Listra, wilayah warga Likaonia, Asia Kecil. Suaminya adalah warga Yunani-Likaonia.

Letak Listra memang cukup jauh dari Yerusalem. Demikian pula, berbeda dengan sejumlah kota Asia Kecil, di Listra sama sekali tidak ada sinagog. Dalam Kisah Para Rasul dicatat, Listra adalah kota pertama dalam penginjilan Paulus dimana ia tidak memakai pintu masuk Yudaisme. Rasul Paulus langsung mengabarkan Injil kepada para warga Yunani-Likaonia.

Meski keadaannya demikian Eunike, sama seperti ibunya, adalah seorang pembaca kitab suci yang saleh. Ia rajin dalam merenungkan kitab suci dan menularkan kebiasaan itu pada anaknya Timotius.

Rasul Paulus saat menyampaikan penguatannya pada Timotius mengingatkan hal tersebut dengan berkata: “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.” (2 Timotius 3:15). Sebagaimana di pembukaan suratnya ia memuji peran Lois dan Eunike secara spesifik.

Eunike akhirnya menjadi seorang yang percaya pada Kristus. Seperti banyak orang Yahudi saleh yang tekun menelisik kitab suci, ia menemukan janji-janji keselamatan digenapi lewat karya Kristus yang diberitakan oleh para murid-Nya.

Tidak ada lanjutan yang ditemukan di Alkitab tentang bagaimana kisah lebih panjang dari Eunike. Yang jelas, dalam perjalanan misi kedua Rasul Paulus, saat singgah di Listra, Timotius di usia yang masih muda meninggalkan sang ibu untuk kemudian bergabung dengan karya misi Paulus. Timotius ini kemudian menjadi rekan kerja yang amat berdedikasi. Sampai menjadi pemimpin jemaat di Efesus.

Apa yang terjadi dalam hidup Eunike setidaknya memberi pengharapan. Tinggal di wilayah yang diisi mayoritas warga yang tidak seiman, bahkan menjalani pernikahan beda agama, memang akan mengalami sejumlah kesukaran. Namun dalam keadaan yang terlanjur demikian, tetap saja Allah bisa bekerja dengan caranya. Eunike dimampukan untuk mendidik anaknya dalam kesalehan, bahkan menjadi buah yang amat berguna bagi gereja dan dunia. **arms

Ilustrasi: Good Shepherd

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.