Dalam tradisi gereja Barat, adven adalah nama periode sebelum Natal. Nama Adven diambil dari kata Latin adventus yang memiliki makna kedatangan. Dalam masa ini, baik umat Protestan maupun Katolik, menghayatinya untuk menyiapkan diri menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada akhir zaman.

Adven selalu mulai pada hari Minggu yang terdekat dengan tanggal 30 November, yaitu antara tanggal 27 November dan 3 Desember. Masa ini kemudian berlangsung sampai Malam Natal (24 Desember). Terlihat bahwa panjangya masa per tahun berbeda-beda, tetapi sebuah masa adven akan selalu terdiri dari 4 hari Minggu.

Dalam bentuk awalnya, yang bermula dari gereja-gereja di wilayah Perancis dan Iberia, masa ini merupakan masa persiapan menyambut Hari Raya Epifani, hari di mana para calon dibaptis menjadi warga Gereja. Jadi persiapannya amat mirip dengan Prapaskah dengan penekanan pada doa dan puasa yang berlangsung selama tiga minggu dan kemudian diperpanjang menjadi 40 hari.

Pada tahun 380-381, Konsili lokal Saragossa, Spanyol menetapkan tiga minggu masa puasa sebelum Epifani. Diilhami oleh peraturan Prapaskah, Konsili lokal Macon, Perancis, pada tahun 581 juga menetapkan bahwa mulai tanggal 11 November (pesta St. Martinus dari Tours) hingga Hari Natal, umat beriman diminta berpuasa pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

Lama-kelamaan, praktik serupa menyebar ke Inggris. Di Roma, masa persiapan seperti ini belum ada hingga abad keenam, dan dipandang sebagai masa persiapan menyambut Natal dengan ikatan pantang puasa yang lebih ringan.

Gereja secara bertahap mulai lebih membakukan perayaan ini. The Gelasian Sacramentary, yang menurut tradisi diterbitkan oleh Paus St. Gelasius I (wafat thn 496), petunjuk yang pertama menerapkan Liturgi Adven selama lima Hari Masa Raya Natal (Adven-Natal-Epifani).

BACA JUGA  Pria Paling Tampan di Israel

Praktek ini semakin melembaga sejak abad ke 7, yakni pada saat Paus Gregorius Agung (590-604). Adven ditetapkan berlangsung selama 4 minggu dan diisi dengan puasa. Sekitar abad kesembilan, Gereja menetapkan juga menetapkan minggu pertamanya sebagai awal tahun penanggalan Gereja.

Sumber: Bina Iman GKI Kota Wisata
Ilustrasi: ThoughtCo