Jumat siang (8/3) sekitar 80-an kepala sekolah, guru dan staf dari berbagai sekolah BPK Penabur se-Bandung memadati aula BPK Penabur Jl. Banda, Bandung. Mereka mengikuti sosialisasi tentang pemilu yang diselenggarakan tim Ayo Nyoblos dari Gerakan Kebangsaan Indonesia bekerja sama dengan KPUD Provinsi Jawa Barat.

Meski acara berlangsung siang hari, semangat dan antusiasme para tenaga pendidik ini jelas terlihat. Terutama saat sesi penyampaian persiapan pemilu dari KPUD Jawa Barat. Kebanyakan begitu bersemangat, apalagi bagi guru-guru SMA yang sebagian peserta didiknya merupakan pemilih pemula di tahun ini.

Ketua BPK Penabur Bandung, Erwien Kosasih, menyampaikan bahwa kegiatan ini memang menyasar para pendidik, sekaligus juga mendorong agar BPK Penabur ikut berperan dalam mengajak orang berpartisipasi dalam pemilu, sebagai bentuk tanggung jawab pada bangsa dan negara.

Saya kira bukan zamannya lagi orang Kristen merasa minoritas, sehingga harus pasif,” ungkap Erwien dalam sambutannya. Ia menegaskan pemilu merupakan hak, sekaligus juga sumbangsih yang dapat diberikan pada bangsa. “Kita mungkin belum bisa terlibat secara langsung dalam proses pengambilan kebijakan atau membuat aturan, tapi lewat pemilu kita bisa menentukan orang yang tepat untuk hal-hal itu,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkap oleh Pdt. Ima Simamora, mewakili tim Ayo Nyoblos Bandung. Ia berharap gereja, institusi pendidikan, atau lembaga kristiani lain turut serta mengajak partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Sosialisasi ini menghadirkan pembicara utama dari anggota komisioner KPUD Jawa Barat, Idham Holik. Dalam pemaparannya, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPUD Jabar ini juga mengharapkan tiap elemen komunitas di masyarakat semakin aktif dalam mengajak keterlibatan di pemilu. Secara khusus di Jawa Barat, hal ini menjadi sangat penting mengingat provinsi ini merupakan daerah dengan jumlah pemilih terbanyak, sementara angka partisipasinya masih belum maksimal.

Tahun ini, insya Allah, kita targetkan 77,3% dari pemilih se Jawa barat ikut berpartisipasi. Nah, peran dari Bapak-Ibu sebagai pendidik cukup penting, terutama buat para pemilih pemula,” harap Idham. **arms

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.