Semangat kolaborasi serta penghayatan gereja sebagai bagian dari masyarakat merupakan fokus pembicaraan penting dalam Persidangan Majelis Klasis (PMK) ke-34 GKI Klasis Jakarta Selatan. Sepanjang dua hari, Jumat-Sabtu (26-27/7) tema itu menjadi bahasan baik dalam pemandangan umum maupun materi khusus persidangan.

Bertempat di SMAK 7 BPK Penabur Cipinang Indah, dengan GKI Cipinang Indah sebagai jemaat penerima, persidangan berjalan lancar menggelar lima sesi sidang pleno serta satu sesi sidang seksi.

Dalam pemandangan umum, ketua BPMK GKI Klasis Jakarta Selatan, Pdt. Suta Prawira menyampaiakan bahwa jemaaat-jemaat di klasis ini akan berupaya berkolaborasi, sebagai wujud panggilan menjadi kawan sekerja Allah dalam menghadirkan damai sejahtera di bumi.

Hal itu terlihat dalam misi spesifik untuk saling menopang antar jemaat di lingkup klasis ini, dimana yang berkelimpahan turut menopang jemaat yang berbeban berat. Juga dalam kerjasama dengan tiap badan pelayanan GKI, dengan gereja-gereja lain, juga dengan lembaga masyarakat, lembaga agama lain serta dengan pemerintah.

Ini adalah bentuk spiritualitas jemaat dengan memaknai seluruh sisi kehidupan sebagai sebuah ibadah yang sejati dan berkenan kepada Allah,” simpul Pdt. Suta saat menyampaikan pemandangan umum.

Lebih jauh, persidangan juga menggelar satu sesi khusus tentang pelayanan gereja di tengah masyarakat pada sesi pleno ketiga persidangan ini. Pdt. Hendra Setia Prasaja berbagi tentang apa yang telah GKI Cianjur lakukan dalam upaya pelayanan masyarakat yang kolaboratif. Spiritualitas yang menghayati semangat kolaborasi tersebut juga didengungkan kembali dalam sesi ibadah pagi.

Upaya untuk menghayati kolaborasi baik antar jemaat, antar sesama umat Kristiani serta dengan seluruh elemen masyarakat telah menjadi pengalaman yang dikerjakan bersama oleh klasis yang beranggotakan 15 GKI di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Sukabumi itu. Apalagi sejak klasis ini membantuk pokja khusus, yang telah menggelar sejumlah kegiatan bertema kebangsaan. Maka, momen persidangan kali ini adalah tahapan langkah yang diharapkan terus memajukan upaya tersebut. **arms