Belajar mandiri dan saling membantu. Berinteraksi dengan sesama, belajar toleransi dalam menyikapi perbedaan. Nilai-nilai itu adalah bekal bagi karir dan masa depan mereka kelak,” demikian Antono Yuwono, ketua BPK Penabur menjelaskan hal-hal yang dipelajari siswa-siswinya selama mengikuti kegiatan live-in.

Program live-in bertajuk SPIRIT of Adventure ini digelar BPK Penabur Jakarta dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung sepanjang 26-30 September 2019, sementara itu gelombang kedua diadakan selama 28 September – 2 Oktober 2019. Sebanyak 425 siswa SMP kelas VIII, yang berasal dari 17 SMPK BPK Penabur se-Jakarta mengikuti kegiatan ini. Mereka didampingi 29 guru dan 4 kepala sekolah.

Sebagaimana telah dilakukan untuk tingkat sekolah dasar, SPIRIT of Adventure bertujuan memberikan pengalaman berharga mengenai kemandirian sekaligus kebersamaan. Para siswa ini tinggal di rumah penduduk di Desa Podokoyo, Tengger. Siswa-siswi kemudian diajak mengenal lebih dekat ragam kebudayaan Indonesia seperti musik dan tari tradisional Jawa, seperti karawitan, kuda lumping, reog juga lewat makanan seperti rawon. Mereka juga mengunjungi tempat seperti Bromo, Batu Secret Zoo, Museum Angkot serta beberapa tempat suvenir Jawa Timur.

Kegiatan-kegiatan tersebut sejalan dengan tujuan utama kegiatan SPIRIT of Adventure, yakni membentuk peserta didik unggul tidak hanya handal dalam bidang akademik, namun juga memperhatikan sisi non-akademik. Dengan ini lulusan BPK Penabur diharapkan terbentuk dalam profil BEST (Be tough, Excel worldwide, Share with society and Trust in God).

Kualitas lulusan yang demikian diharapkan relevan dengan perubahan gaya hidup dan teknologi informasi yang kian pesat. Dimana kemajuan yang ada juga perlu diimbangi dengan pendidikan karakter yang baik pula. Lebih khusus untuk konteks Indonesia, para penerus bangsa penting untuk ditanamkan nilai-nilai kemandirian, toleransi serta cinta tanah air. SPIRIT of Adventure di wilayah Malang sekitarnya ini menjadi hal yang begitu membekas bagi para siswa.

BACA JUGA  Bulan Keluarga (1)

Sumber: BPK Penabur Jakarta