Perayaan 80 tahun GKI Veteran Tasikmalaya direfleksikan dengan sangat manis Minggu kemarin (8/9). Setelah melewati rangkaian bulan keluarga sejak akhir Juli hingga sepanjang Agustus lalu, momen kebersamaan itu dipungkas dengan kebaktian intergenerasi dan perayaan ulang tahun gereja bertema Rumah Kegembiraan.

Kebaktian intergenerasi berlangsung pada pukul 09.00 pagi dilayani oleh Pdt. Magdalena Handoyo. Sementara itu momen perayaan ulang tahun dilangsungkan pada sore harinya. Acara ini dihadiri tidak hanya oleh warga jemaat GKI Veteran namun sekian banyak orang dari luar Tasikmalaya yang pernah merasakan pelayanan jemaat ini.

Perjalanan panjang GKI Veteran sejak 1939 memang telah menghasilkan banyak buah. Bermula dari perkumpulan kecil untuk warga peranakan Tionghoa di kota ini, GKI Veteran kini menjadi saksi sejarah pemeliharaan Tuhan dan kebersamaan persekutuan yang indah.

Tidak semua momen perjalanan jemaat melulu soal cerita indah. Sebagaimana kita ingat, GKI Veteran pernah mengalami musibah sebagai salah satu gereja yang terbakar dalam kerusuhan sosial di Tasikmalaya tahun 1996. Dalam sejumlah kesempatan jemaat ini pun kerap kekurangan pengerja. Namun GKI Veteran dalam segala kekurangannya tetap ditempatkan sebagai rumah kegembiaraan bagi semua.

Momen itu terlihat dalam perayaan kali ini. Melihat tua dan muda bergabung beribadah bersama tentu memberi kesan tersendiri, apalagi jika warga jemaat selama ini lebih terbiasa dengan kebaktian yang sifatnya kategorial.

Tapi, kebersamaan tidak hanya berupa kebaktian. GKI Veteran sebelumnya juga mengadakan sejumlah event yang mendorong kebersamaan lintas generasi. Dalam bulan keluarga ada berbagai event seperti nonton bersama, lomba memasak bersama keluarga, sejumlah event olah raga dan permainan, talkshow serta gebyar budaya.

Semua ini dalah kegembiraan menempatkan gereja sebagai rumah yang menerima semua, serta tempat dimana setiap orang memberi sumbangsih dalam kegembiraan. **arms

Foto dan Video: Tim Media GKI Veteran