Keluarga Kristen yang bahagia. Tema itu mungkin terdengar sederhana. Namun, dalam rangkaian bulan keluarga di GKI Bukit Indah Sukajadi (Bundasudi) Batam, tema itu dimaknai dalam banyak aspek. Itu terlihat dari ragam kegiatan selama bulan Oktober ini.

Ada begitu banyak acara yang mendatangkan sukacita, kebersamaan sekaligus memperlengkapi tiap keluarga,” ungkap Pdt. Nurkiana Simatupang. Pendeta jemaat GKI Bundasudi ini mencontohkan bagaimana jemaat di tiap wilayah mengadakan lomba kreativitas untuk membuat tong sampah dari barang-barang bekas yang didaur ulang.

Lebih dari sekedar lombanya, ini mengajarkan pada jemaat lewat keluarga tentang pentingnya pemeliharaan lingkungan hidup,” lanjutnya. Pendidikan warga jemaat lewat momen kebersamaan seperti itu juga terwujud dalam sejumlah kegiatan lain seperti lomba foto keluarga, olah raga bersama keluarga, pemeriksaan kesehatan, serta lomba fashion show untuk sekolah minggu.

Sejak awal Oktober, beragam kegiatan itu memenuhi akhir pekan warga jemaat GKI Bundasudi. Format kebaktian minggu pun semakin menegaskan kebersamaan keluarga lewat nuansa budaya nusantara yang ditampilkan.

Selain acara kebersamaan, panitia bulan keluarga di gereja ini juga menggelar dua seminar yang bertujuan yang memperlengkapi tiap keluarga. Seminar untuk pasangan suami istri diadakan pada Sabtu (19/10) di GKI Bundasudi, dengan tema Keluarga Bahagia di Tengah Perubahan Zaman, bersama dra. Julia Suleeman, M.A. Sementara itu pada Jumat (25/10) akan digelar seminar parenting bersama Pdt. Agustaria Manik dengan tema Kunci Sukses Keluarga: Anak Hebat, Orang tua Hebat.

Rencananya rangkaian bulan keluarga ini akan ditutup pada Minggu (26/10). Acara penutupannya digelar di halaman gereja dengan momen kebersamaan, serta pengumuman pemenang lomba. Kebersamaan serupa juga dirayakan di bakal jemaat Batu Aji dan Tanjung Uban.

BACA JUGA  Bulan Keluarga untuk Semua di GKI Wahid Hasyim

Bagi GKI Bundasudi, kebersamaan serta keterlibatan tiap warga jemaat dalam momen seperti ini adalah sarana untuk terus menumbuhkan kesadaran bersama, membangun jemaat menjadi berkat bagi sekitar. **arms