Bila beribadah hari ini di GKI, atau di sebagian besar gereja-gereja anggota PGI, kita akan menemui warta yang menyebut hari ini ada peringatan Perjamuan Kudus Sedunia. Apa hal yang diperingati lewat momen ini?

Tentu saja di ibadah minggu ini ada pelayanan perjamuan kudus. Tapi – berbeda dengan minggu perjamuan kudus lainnya – sangat mungkin kita juga akan melihat sedikit perbedaan dari tata ibadah. Biasanya, setiap tahun secara bergantian, gereja-gereja anggota PGI akan memakai tata ibadah salah satu anggotanya. Tahun ini (2019), misalnya, kita memakai tata ibadah dari Gereja Kalimantan Evangelis (GKE).

Setiap tahun, minggu pertama bulan Oktober, gereja-gereja di seluruh dunia melaksanakan Perjamuan Kudus serentak untuk mengingat karya penebusan Allah dalam Yesus Kristus. Melalui peringatan ini gereja sedunia menghayati secara segar tentang makna pengorbanan Yesus Kristus bagi penebusan dosa dunia. Peringatan yang sama sekaligus menekankan partisipasi orang-orang percaya sebagai anggota tubuh Kristus dalam solidaritas dengan mereka yang menjadi korban ketidakadilan dosa sosial dan masalah kemanusiaan lain seperti korban bencana alam.

Kegiatan yang di dunia Internasional dikenal dengan nama World Communion Sunday ini adalah upaya menghayati kesatuan umat Kristiani dan kerjasama ekumenis. Pertama kali dirintis oleh Hugh Thomson Kerr, pendeta di  Shadyside Presbyterian Church, Pittsburgh, Amerika Serikat. Pelaksanaan pertamanya berlangsung pada tahun 1933. Kegiatan ini kemudian meluas dan diikuti banyak gereja anggota dewan gereja sedunia (WCC).

Secara lebih khusus bagi gereja-gereja di Indonesia Hari Perjamuan Kudus se-Dunia ini juga dirayakan untuk memperingati Hari Pekabaran Injil di Indonesia (HPII). Penyatuan dua perayaan ini menyatakan kesatuan kesadaran bahwa sejatinya persekutuan umat Kristen yang dirayakan melalui Perjamuan Kudus adalah persekutuan yang misional. Biasanya, persembahan yang terhimpun pada hari ini juga diharapkan dapat menopang Pekabaran Injil di wilayah-wilayah terpencil. **arms

Ilustrasi: Crosswalk