Pada Tanggal 13-14 September 2019 yang lalu telah diadakan P-77MSW GKI Sinwil Jabar dengan peserta dan panitia sejumlah 277. Terimakasih untuk kerja keras panitia dari Majelis Klasis Cirebon yang diketuai oleh Pnt Agus Stefanus (GKI Kuningan). Dalam P-77 MSW GKI Sinwil Jabar ini telah dilantik BPMSW 2019-2023 dan BPHMSW 2019-2023. Kepemimpinan Intergenerasional menjadi semangat yang diusung dalam kepemimpinan BPMSW periode ini. Pdt Darwin Darmawan terpilih menjadi PTKSW dan menjadi sekretaris 1 dalam BPMSW 2019-2023. Apresiasi dan ucapan terimakasih kami ucapkan kepada MJ GKI Bogor Baru yang bersedia merelakan Pdt Darwin Darmawan untuk menjadi PTKSW.

Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Majelis Jemaat untuk mengijinkan penatua atau pendetanya berkiprah di pelayanan BPMSW ini. Tentu saja tidak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu penatua dan pendeta yang sudah menyelesaikan masa pelayananannya  dalam BPMSW 2015-2019.

Secara khusus, terimakasih kepada Pdt Jotje Handri Karuh yang sudah menjadi PTKSW sebagai Sekretaris Umum selama 2 periode 2011-2015 dan 2015-2019. Pdt Jotje akan kembali melayani sebagai Pendeta Jemaat dengan basis pelayanan di GKI Kebon Jati.

Persembahan yang diperoleh di Kebaktian Pembuka dan Kebaktian Penutup akan digunakan untuk membantu saudara-saudara kita di Nduga, Papua. BPMSW akan mengadakan acara lepas sambut BPMSW 2015-2019 dan 2019-2023 agar memang pergantian ini boleh berjalan dengan lancar. Dengan berakhirnya BPMSW 2015-2019 maka berakhir pula lah Badan Pelayanan di bawah BPMSW GKI Sinwil Jabar. Kita akan memilih personalia untuk badan-badan pelayanan dan pokja-pokja. Sangat diharapkan dukungan jemaat untuk mendukung partisipasi jemaat atau pendeta jemaat Saudara jika diminta untuk bergabung.

Pengurus YPW Hana tahun 2019-2024 telah dilantik dalam kebaktian di PW Hana dilayankan oleh Pdt Cordelia Gunawan dan MJ GKI Kosambi Timur pada tanggal 15 September 2019. BPMSW mengucapkan selamat melayani bagi pengurus yang baru dan terimakasih untuk kesetiaan pengurus yang lama menjadi pengurus YPW Hana.

Selama Bulan September, BPMSW juga diundang untuk menghadiri PMSW GKI Sinwil Jateng dan PMSW GKI Sinwil Jatim. Dalam PMSW GKI Sinwil Jateng   terpilih BPMSW baru periode 2019-2023. Kaum Muda diberikan kesempatan untuk memimpin dan ini terlihat dari komposisi BPMSW GKI Sinwil Jateng 70% anak muda. Ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh BPMSW GKI Sinwil Jateng. PMSW GKI Sinwil Jatim mengutamakan penekanan pada semangat bersahabat termasuk juga bersahabat dengan alam yang terlihat dalam persidangan-persidangan yang dilakukannya.

BACA JUGA  PMSW Ke-77 GKI SW Jawa Barat Dimulai

Bakal Jemaat Filadelfia telah menjadi GKI Filadelfia pada 23 September 2019 dalam kebaktian yang dilayani oleh Pdt Danny Purnama, Sekretaris Umum BPMS GKI, ini merupakan jemaat ke-17 di lingkup klasis Priangan, ke-99 di lingkup Sinwil Jabar dan ke-228 di lingkup sinode GKI. Dalam kebaktian itu telah juga diteguhkan 14 Diaken yang akan menatalayan kehidupan berjemaat di GKI Filadelfia. Kami mengucapkan selamat kepada seluruh jemaat dan diaken GKI Filadelfia.

Beberapa tahun terakhir ini, BPMSW bekerjasama dengan DISBINTAL AD  mengadakan retreat bagi prajurit Kristen se Indonesia.  Tahun ini retreat yang mengambil tema, Meningkatkan semangat toleransi dan komitmen terhadap Pancasila demi keutuhan NKRI,  diadakan di Wisma Abdi, Puncak. Retret tsb diikuti oleh 67 perwira menengah Angkatan Darat. Pada tanggal 19 Oktober 2019 BPMSW dan DISBINTAL AD juga akan mengadakan Kebaktian HUT TNI di GKI Gunsa. Terimakasih untuk kesediaan GKI Gunsa menjadi tuan rumah dalam Kebaktian ini.

Lokakarya Liturgi Masa Raya Natal sudah diadakan pada tanggal 21 September 2019 di GKI Surya Utama. Lokakarya ini bertujuan untuk tidak hanya menjelaskan mengenai liturgi yang digunakan pada masa raya Natal. Namun memang lokakarya ini diadakan dalam upaya revitalisasi ibadah, dalam hal ini ibadah umum di lingkup GKI Sinwil Jabar. Supaya tiap jemaat lebih memahami liturgi yang digunakan selama ini dan juga untuk menjelaskan jika ada modifikasi-modifikasi dalam Ibadah.

Tim Revitalisasi Ibadah GKI Sinwil Jabar terdiri dari Pdt. Juswantori Ichwan, Pdt Arliyanus Larosa, Pdt Cordelia Gunawan, Pnt Hizkia dan Sdri Maria Netta. Acara lokakarya, yang dibawakan oleh Pdt Juswantori, Pnt Hizkia dan Sdri. Maria Netta, ini diikuti oleh kurang lebih 84 orang dari kurang lebih 40 jemaat. Liturgi Masa Raya Natal dapat diunduh pada alamat ini:  bit.ly/LiturgiNatal2019. Untuk liturgi Masa Raya Paskah akan diadakan pula lokakarya yang rencananya akan diadakan pada tanggal 14 Des 2019.

BACA JUGA  Menuju Pemberdayaan Kaum Muda GKI yang Berkelanjutan

Pada tanggal 16-17 September 2019 telah diadakan Workshop untuk Pemusik dan Liturgos Ibadah Siswa SMA Penabur. Salah satu bentuk kepedulian BPMSW GKI Sinwil Jabar adalah juga bagaimana nilai Kristiani semakin terasa dalam kehidupan belajar mengajar di sekolah-sekolah Penabur di 16 kota dan juga terasa dalam kehidupan sekretariat dan pengurus penabur di semua kota.

Untuk ini maka BPMSW melibatkan pendeta-pendeta di GKI Sinwil Jabar melakukan beberapa macam hal, antara lain merevitalisasi ibadah di lingkup penabur, mengevaluasi kurikulum PAK dll. Sangat diharapkan juga dukungan dari Jemaat-Jemaat karena ini adalah hal besar yang harus dilakukam bersama-sama.

Pada tanggal 25 September 2019, YGKI mengadakan BakSos untuk lapas kelas 1 Cipinang, berupa pemeriksaan kesehatan umum dan gigi. Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi sehingga acara ini boleh berjalan dengan lancar.

Minggu terakhir September yaitu 29 September 2019, BPMSW mengatur  pertukaran PF di Jemaat-Jemaat serta menyediakan liturgi Kebaktian Inter-generasional. Kebaktian Intergenerasional ini mengambil tema Mari Meng-indonesia: Ada dan Berkarya di Indonesia. Tema ini hendak berbicara mengenai pilihan arah pelayanan GKI Sinwil Jabar, yaitu mengajak setiap jemaat dari kanak-kanak (Sekolah Minggu) sampai dewasa untuk menghargai perbedaan dan menerima mereka yang berbeda, karena memang kareteristik Indonesia adalah keragaman. GKI sendiri sejak awal memilih untuk menjadi gereja yang terbuka.

Kebaktian Intergenerasional kali ini adalah yang terakhir di tahun 2019, dan bentuk yang dipilih adalah kebaktian dengan pokok bahasan yang sama dari Sekolah Minggu sampai Umum. Dengan tema pokok bahasan yang sama, keluarga-keluarga dapat mempunyai pokok pembahasan yang sama untuk kebaktian minggu ini.

Selama bulan Agustus-September 2019 ada kader pendeta yang sudah diteguhkan menjadi Penatua, yaitu:

Pnt. Christina Febri Untari, GKI Kranggan, 18 Agustus 2019
Pnt. Debora Krissentia, GKI Veteran, 18 Agustus 2019
Pnt. Ayunistya Dwita Prawira, GKI Kayu Putih, 23 Agustus 2019
Pnt. Andreas Maruli Palembangan, GKI Sindang Laut, 8 September 2019

Kiranya setiap penatua bersama dengan Jemaat-Jemaat dapat berproses dengan baik dalam Tahap Orientasi.

BACA JUGA  Persidangan Sehari GKI Klasis Jakarta Timur

BPMSW selama ini membantu STT Sulawesi Barat baik dalam bentuk dukungan kepada Pdt Robert Borong, berupa pembelian ticket saat pergi ke STT Sulawesi Barat, maupun mengirim pendeta-pendeta GKI untuk mengajar di STT Sulawesi Barat. Kali ini, BPMSW membantu pengiriman buku-buku milik pdt Robert Borong untuk melengkapi koleksi perpustakaan STT Sulawesi Barat. BPMSW mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan dari salah seorang jemaat GKI Gading Serpong yang membantu pengiriman buku-buku ini.

Pada bulan September ini, BPMSW telah menyalurkan bantuan  dana minggu ke 5 untuk:

  • GKI Bekasi Timur untuk renovasi pastori
  • GKI Kota Modern untuk renovasi pastori
  • GKI Maulana Yusuf untuk renovasi Bajem Kawaluyaan
  • BPMK Jakarta Barat untuk pengadaan tempat ibadah Bapos Green Lake

Mari kita sama-sama mendoakan upaya jemaat-jemaat ini dalam mengadakan tempat ibadah atau pun pastori.

Bersyukur kepada Tuhan atas operasi yang boleh berhasil yang dijalankan oleh Pdt Em. Semuel O Purwadisastra. Kita juga akan terus membawakan pergumulan sakit Pdt. Izack Sipasulta dalam doa-doa kita.

Demikianlah gambaran singkat mengenai kegiatan-kegiatan sepanjang bulan September 2019 yang dilakukan oleh BPMSW GKI Sinwil Jabar. Pada bulan Oktober, kegiatan-kegiatan BPMSW GKI Sinwil Jabar banyak diwarnai dengan kegiatan melawat ke jemaat2 yang meminta calon pendeta untuk melayani di jemaatnya, juga perlawatan ke jemaat-jemaat yang memohon pembentukan dan peningkatan status bagi bapos dan pos jemaatnya.

YEC dan Gerakan Kebangsaan Indonesia sedang mempersiapkan Kebaktian Raya Kaum Muda yang diselenggarakan serentak di Jakarta, Bandung dan Cirebon pada tanggal 10 November 2019. Mari kita bersama-sama mendoakan dan mendukung kegiatan-kegiatan BPMSW di bulan Oktober 2019. Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

Kegiatan-kegiatan di Bulan Oktober 2019

  1. Kebersamaan Pendeta 5-15 tahun pada 9 Oktober 2019
  2. Kunjungan Tim GKI ke Asmat pada 11-14 Oktober 2019
  3. Bina Pengkhotbah untuk Pendeta-Pendeta pada tanggal 24 Oktober 2019.
  4. Peneguhan Pdt Naya WS sebagai Pendeta dengan basis pelayanan di GKI Perumahan Citra 1 pada 28 Oktober 2019.
  5. Persiapan-persiapan KRKM 10 November 2019 di Bekasi, Bandung dan Cirebon.
  6. Perlawatan-perlawatan

Penulis: Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah GKI SW Jabar