Permasalahan utama makanan dan air bersih di Asmat adalah persoalan fisik yang terus diupayakan solusinya. Meski demikian, peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah juga hal yang penting dikerjakan. Saat Tim GKI menggelar diskusi bersama warga dan tokoh setempat, persoalan pendidikan dan kesehatan juga menjadi bagian dari analisis kebutuhan.

Pada waktu tim mengunjungi Kampung As dan Kampung Atat di Distrik Pulau Tiga, pada Maret 2018, sekolah telah dimulai setelah libur selama hampir dua bulan, selepas bencana gizi buruk. Sekolah di kedua kampung ini akhirnya digabungkan setelah sempat terjadi pertikaian antar dua kampung tersebut. Di sini tim memberikan bingkisan pada siswa siswi agar semakin semangat belajar.

Yang menjadi kebutuhan kedua adalah adanya tenaga dokter untuk menetap di Asmat, dengan penempatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat. Sementara itu untuk menghadapi kebutuhan saat ini, pada bulan Oktober lalu, tim GKI melakukan pelayanan inovatif untuk mempercepat respons medis terhadap masyarakat yang sakit, dengan memberikan dua unit motor ambulans, masing-masing untuk puskesmas di distrik Atsj dan distrik Agats.

Tim GKI juga memberikan speedboat ambulance untuk melayani 16 kampung di distrik Atsj yang tidak dapat dijangkau kendaraan bermotor. Di wilayah yang umumya terhubung lewat laut dan sungai ini, speedboat ini berfungsi sebagai puskesmas keliling dan evakuasi.

Peralatan speedboat ambulance sudah cukup memadai dengan canopy buka-tutup, 4 kursi penumpang, ranjang pasien ukuran 1.9m, tiang infus yang adjustable, tabung oksigen, lampu sorot, dan sirene. Speedboat ini didesain agar dapat menyusuri laut, karena arus sungai yang sering pasang surut. Persis satu hari setelah speedboat diberikan, speedboat sudah langsung membawa pasien yang sakit ke rumah sakit.

BACA JUGA  Pesan Pastoral Natal 2019 BPMS GKI

Pendidikan dan kesehatan memang merupakan hal penting bagi pengembangan sumber daya manusia di Asmat. Lebih lagi, secara tradisional dua layanan ini adalah bentuk pelayanan yang terbilang umum dikerjakan oleh gereja. Suatu berkat yang indah, saat GKI bisa ambil bagian di dalamnya. **arms