Ibadah peneguhan kali ini terbilang unik. Prosesi masuk ibadah diiringi lagu Somba ma Jahowa, yang kental dengan nuansa musik tradisional Batak. Di beberapa sesi litrugi juga ada tampilan budaya khas Nusantara lain.

Lebih unik lagi, di tengah khotbahnya Pdt. Cordelia Gunawan, Sekretaris Umum BPMSW GKI SW Jawa Barat, justru mengajak dialog dua pendeta yang tengah diteguhkan. Khotbahnya yang didasarkan pada Kisah Para Rasul 2: 41-47 menjadi diskusi menarik bagaimana sikap jemaat mula-mula diterapkan dalam konteks Indonesia. Ini sesuai dengan tema Meng-Indonesia dengan Gembira.

Tidak hanya dalam khotbah dan tampilan liturgi, kehadiran perwakilam pemuka agama lintas iman juga memberi suasana yang berbeda. Mereka turut mendoakan agar pendeta GKI yang diteguhkan mengemban tugas panggilannya dengan baik. Lagu Doa Bagi Bangsa pun mengalun mencerminkan semangat kebersamaan dan karya bagi bangsa yang ditonjolkan dalam ibadah ini.

Itu adalah beberapa penggalan momen dalam ibadah Senin lalu (4/11) di aula SMAK 1 Penabur, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Ibadah ini merupakan peneguhan untuk dua pendeta GKI dengan tugas pelayanan khusus. Pdt. Hendra Setia Prasaja diteguhkan menjadi Pendeta Tugas Khusus GKI SW Jawa Barat sebagai Direktur Binawarga, sementara Pdt. Darwin Darmawan diteguhkan menjadi Pendeta Tugas Khusus GKI SW Jawa Barat sebagai Sekretaris I BPMSW GKI SW Jawa Barat.

Sebelumnya Pdt. Hendra melayani di GKI Cianjur sementara Pdt. Darwin di GKI Bogor Baru. Kedua pendeta ini memang dikenal luas dalam karya pelayanan masyarakat serta aktivitas lintas iman. Diharapkan dalam tugasnya yang baru, keduanya memberi sumbangsih inovasi dan ide menarik baik di kepengurusan BPMSW GKI SW Jawa Barat, maupun di Binawarga.

Sumber: Sinode GKI