Dalam rangka mempersiapkan pendeta-pendeta yang semakin paham akan GKI, maka pada 13 -14 November 2019, Komisi Kependetaan Sinode Wilayah mengadakan pembinaan untuk calon pendeta mengenai budaya GKI. Pembinaan ini dipimpin oleh Pdt. Em. Robby I. Candra. Masih terkait dengan proses kependetaan, BPMSW, melalui PPSDM, juga sudah mengadakan percakapan, baik dengan kader yang sudah memasuki Tahap Orientasi (TO) dan MJ terkait.

Raker BPMS GKI bersama dengan BPMSW-BPMSW telah diadakan di Magelang, pada tanggal 20-22 November 2019. Fokus agenda dalam raker ini adalah penempatan para kader yang sudah menyelesaikan Pendidikan Persiapan Kependetaan (PPK). Tahun ini ada 22 kader pendeta yang siap ditempatkan. Seluruhnya ditempatkan di jemaat-jemaat baik di lingkup Sinwil Jabar, Sinwil Jateng dan Sinwil Jatim.

Syukur kepada Tuhan, karena ada 11 kader pendeta yang ditempatkan di jemaat lingkup Sinwil Jabar. Ada beberapa jemaat yang menerima 2 kader pendeta sekaligus, dalam upaya untuk semakin responsif terhadap pelayanan-pelayanan yang memang harus semakin intensif dan komprehensif dalam lingkup jemaat. Dengan demikian 2 kader yang ada di satu jemaat mempunyai bidang pelayanan masing-masing, sehingga semua dapat tertata dengan baik.

Dalam raker ini kita juga mendengar laporan tim yang menghadiri Sidang Raya PGI di Sumba Timur, 8-13 November 2019. Pdt. Albertus Patty tidak terpilih menjadi Ketua Umum PGI, namun GKI tetap menghayati gereja-gereja sebagai satu Tubuh Kristus dan GKI akan terus berpartisipasi dalam kehidupan ekumenis, baik di lingkup nasional maupun internasional.

Bidang PPDI mengirimkan beberapa formulir digital kepada jemaat-jemaat, yaitu formulir “Evaluasi Pengisian dan Pemanfaatan DBAJ-LKKJ” serta “Pemetaan Pengembangan Pelayanan Jemaat-jemaat GKI SW Jabar” untuk mendapat gambaran menyeluruh tentang kondisi jemaat- jemaat GKI SW Jabar. BPMSW berharap tiap Majelis Jemaat dapat mengisi formulir evaluasinya agar kita mendapat gambaran menyeluruh tentang hal ini, sehingga bisa melihat seberapa jauh perjumpaan jemaat dengan Tuhan telah terjadi.

Kita berharap, hasil dari evaluasi ini menolong kita semakin mengenal siapa diri kita, apa yang perlu kita kerjakan, perbaikan pelayanan apa yang perlu dilakukan sehingga GKI SW Jabar semakin mampu menjadi tubuh Kristus di tengah dunia.

Dalam bulan November 2019, ada 1 jemaat yang ditingkatkan statusnya menjadi Bakal Jemaat, yaitu GKI Harapan Indah Bakal Jemaat Symphoni pada tanggal 10 November, dan ada 1 jemaat yang dilembagakan menjadi jemaat, yaitu GKI Jambi pada tanggal 25 November 2019.

Kiranya Tuhan, Sang Kepala Gereja, semakin memperlengkapi jemaat-jemaat ini untuk semakin berkembang dan menjadi berkat. BPMSW membantu mengirimkan dana pembangunan minggu ke-5 bagi GKI Kemang Pratama untuk membantu pengadaan ruang serba guna dan ruang Sekolah Minggu.

Pada tanggal 29 November 2019, BPMSW mengadakan raker bersama BPMK-BPMK. Dalam raker dilaporkan hasil Konsultasi Kespel yang diselenggarakan oleh PPSM, juga dilaporkan Evaluasi Ibadah Intergenerasional yang dilakukan sepanjang tahun 2019 pada setiap pertukaran minggu ke-5. Dalam raker diupayakan supaya BPMK dapat melaporkan program-programnya namun juga menunjukkan keterkaitan program-program itu dengan Kebijakan Umum Arahan Program (KUAP) GKI SW Jabar.

Saat ini, BPMSW bersama dengan bidang-bidang dan badan-badan pelayanan sedang mengevaluasi program kerja 2019-2020 dan menyusun program kerja untuk tahun pelayanan 2020-2021. BPMSW berupaya untuk terus saling bersinergi, baik antara badan pelayanan atau antar klasis dan jemaat.

Mohon dukungan doa jemaat-jemaat agar proses ini dapat berjalan dengan baik, menghasilkan program kerja yang sesuai kehendak Tuhan serta menjawab kebutuhan jemaat dan masyarakat. Selamat menyusun program kerja bagi jemaat-jemaat, biarlah tersusun program-program yang semakin menjawab kebutuhan jemaat.

BPMSW GKI Sinode Wilayah Jawa Barat

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.