Senin sore (2/12), berlangsung kebaktian peneguhan untuk Pdt. Ujun Junaedi sebagai pendeta jemaat GKI Guntur. Kebaktian yang dimulai sejak maghrib hingga malam itu mengangkat tema Sahabat Sepanjang Embara, sebagai refleksi evaluatif akan pelayanan dan peran gereja.

Pdt. Ujun Junaedi telah menjalani proses, termasuk percakapan gerejawi di Klasis Bandung pada Juli lalu. Dapat terlihat tema persahabatan dan sikap gereja sebagai sahabat merupakan refleksi yang kian ditekankan oleh pengerja kelahiran Bogor, 29 tahun silam ini dalam tulisan ide-idenya selagi masa percakapan, maupun dalam peneguhan kali ini.

Kebaktian peneguhan dilayankan oleh Pdt. Jotje Hanri Karuh. Dalam khotbahnya pendeta GKI Kebonjati ini mengajak refleksi bersama tentang makna embara, yang dalam defenisi leksikalnya berarti suatu perjalanan tanpa tujuan.

Mudah-mudahan saudara Ujun tidak beneran hidup tanpa tujuan ya,” canda Pdt. Jotje yang lantas menukil kisah Perjalanan ke Emaus (Lukas 24:13-33) sebagai petunjuk bagaimana gereja dapat meneladani Yesus menjadi sahabat bagi yang tengah mengembara.

Perjalanan itu adalah perjumpaan dengan Tuhan. Yesus berjalan bersama mereka, mendengar serta mengajak mereka menceritakan apa yang mereka gumuli dengan konkrit. Tuhan mau hadir bergumul bersama mereka. Ia mau mengalami proses itu dalam perjalanan bersama,” papar Pdt. Jotje.

Pdt. Jotje menyampaikan bagaimana penulis Injil Lukas sengaja hanya menyebut nama satu murid, Kleopas, tidak menyebut nama satu murid lainnya. “Sejumlah penafsir merefleksikan ini sebagai upaya bagaimana kita dimaksudkan menjadi satu lagi murid itu. Merasakan bagaimana kita disapa oleh Yesus dalam perjalanan ziarah kehidupan kita. Kita pun disemangati untuk berbagi pada orang lain,” lanjutnya.

Ibadah peneguhan ini dihadiri sejumlah pendeta, rekan dan kerabat Pdt. Ujun bersama para jemaat GKI Guntur. Sejumlah persembahan pujian, salah satunya dari konven pendeta GKI Klasis Bandung menjadi pengisi dalam kebaktian.

BACA JUGA  Iman Kepada Allah yang Hidup

Kontributor: Yosellin Nathania