Kebaktian Minggu (19/1) di Sumedang menjadi momen penuh syukur bagi segenap warga jemaat dan simpatisan. Setelah sekian lama menanti, Pos Pekabaran Injil Sumedang yang berada di bawah naungan Badan Misi GKI Anugerah itu akhirnya diresmikan sebagai pos jemaat.

Kebaktian dan peresmian yang dipimpin oleh Pdt. Cenglyson Tjajadi itu berlangsung khidmat. Selain pemberitaan firman, dilayankan juga sakramen perjamuan kudus dan peneguhan kepada 12 orang anggota Badan Pengurus Pos Jemaat periode 2020-2022.

Dalam khotbahnya, Pdt. Cenglyson memberikan pesan kepada segenap warga jemaat dan simpatisan yang hadir untuk terus menjadi saluran berkat Tuhan serta bergiat dalam menambah kawanan domba Allah.

Keberadaan pos jemaat ini dimulai sejak tahun 1989, ketika sekelompok orang membentuk persekutuan Kristen dan mengadakan ibadah secara rutin. Melihat perkembangannya yang cukup pesat, para pengurus persekutuan ini pun memutuskan untuk bergabung dengan GKI Anugerah Bandung. Setelah melalui proses pendekatan serta perbincangan, persekutuan tersebut dijadikan sebagai Pos PI Sumedang di bawah Badan Misi GKI Anugerah Bandung.

Sebagai tindak lanjut maka diutus pengerja yang akan melayani sepenuh waktu. Pos PI Sumedang ini sempat mengalami pasang surut serta penolakan dari sebagian warga. Juga sempat meminjam tempat di gereja lain sebagai sarana beribadah, pergumulan juga hadir ketika terjadi kekosongan pengerja untuk sementara waktu. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus bersekutu.

Kini, melalui kesaksian dan pelayanan baik berupa sarana pendidikan (TK Anugerah) maupun kesehatan seperti pengobatan gratis, keberadaan Pos PI Sumedang dapat diterima dengan baik oleh warga sekitar.

Pos jemaat ini pernah dilayani oleh sejumlah pengerja antara lain: Ev. Ferdinand Wannee, Ev. Agustinus Batsira, Ev. Amenius Susanto dan Ev. Herry Subeno. Pos PI Sumedang saat ini dilayani oleh Ev. Nielson Minanga beserta istri.

Pertumbuhan baik secara kualitas dan kuantitas pun terus belangsung hingga Pos PI ini memenuhi syarat untuk ditingkatkan sebagai Pos Jemaat sekaligus menjadi penanda kehadiran GKI di Bumi Tampomas.

Kontributor: Yogi Fitra Firdaus

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.