Beragam tampilan yang mewakili pelbagai wilayah Nusantara hadir dalam momen di hari Rabu (15/1). Bertempat di Auditorium Universitas Kristen Maranatha, hari itu berlangsung Perayaan Natal TNI-Polri dan ASN dalam lingkup TNI-Polri di wilayah Garnisun Tetap (Gartap) II Bandung Raya (meliputi kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi).

Tarian Papua membuka prosesi menjelang ibadah. Ada pula tampilan angklung dan beragam seni Nusantara lain. Tak lupa dalam momen perayaan ada pengalungan ulos sebagai lambang kerukunan umat beragama.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, Pangdam III/Siliwangi sekaligus merupakan Dangartap II/Bandung Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, serta jajaran pimpinan TNI-Polri di Jawa Barat hadir dalam perayaan ini. Hadir pula sejumlah tokoh lintas agama, termasuk perwakilan Keuskupan Bandung dan GKI Klasis Bandung, serta pimpinan Universitas Kristen Maranatha selaku tuan rumah penyelenggaraan Natal ini.

Perayaan Natal saat ini mengusung tema “Dengan Sukacita Natal Kita Perkokoh Semangat Keprajuritan TNI, Polri dan PNS Bersama Rakyat Untuk Tetap Tegaknya Kesatuan Persatuan Bangsa”. Pdt. Albertus Patty memimpin kebaktian yang mendahului momen perayaan.

Dalam refleksinya, Pdt. Patty mengapresiasi TNI, Polri dan ASN yang berada di garda depan dalam menjaga kemajemukan dan kesatuan Indonesia. Ia menitipkan pesan agar keimanan para prajurit dan ASN menguatkan mereka untuk berkarya di tengah bangsa yang kaya keragaman ini.

Sementara itu Uskup Bandung, Mgr. Antonius Bunyamin OSC dalam sambutannya menekankan makna Natal sebagai momen menghalau kegelapan menjadi terang dan mengubah keputusasaan menjadi harapan. Ia berharap keluarga besar TNI-Polri bisa mengalami hal tersebut di tengah tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Pendekataan kekeluargaan dan kemitraan yang dibangun TNI-Polri dengan gereja dan masyarakat Kristiani di Bandung memang kian menuai hasil yang mengeratkan hubungan. Terbukti sejumlah program bersama telah dirancang, semisal bakti sosial yang mendahului perayaan ini.

Demikian pula upaya yang dilakukan Universitas Kristen Maranatha memprogramkan beasiswa bagi putra-putri TNI-Polri yang berprestasi, sebagai bentuk apresiasi kampus bagi kiprah orang tua mereka.

Senada dengan yang disampaikan Pangdam Siliwangi Mayen Budi Wiraynto bahwa momen perayaan keagamaan seperti Natal ini semestinya dapat memperkokoh ikatan batin dan saling mawas diri.

Harapannya hati, jiwa dan perasaan kita tetap bersatu dalam kebersamaan. Kita menyadari bersama bahwa persatuan dan kesatuan merupakan landasan dan menjadi elemen utama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya. **arms

Author

  • Selisip

    SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.