Dalam tradisi Alkitab berbahasa Inggris ada kecenderungan untuk membedakan dua murid Kristus yang bernama Yudas. Nama Judas, lebih disematkan untuk Yudas Iskariot, sementara nama Jude, dipakai untuk menyebut murid yang juga dikenal dengan nama Tadeus ini. Kedua kata itu sebenarnya merupakan transkripsi dari nama yang sama Ioudas, helenisasi dari nama Ibrani Y’huda.

Rasul Yudas dalam catatan Injil Lukas dan Kisah Para Rasul disebut sebagai anak dari seorang bernama Yakobus. Dalam Injil Yohanes dia disebut Yudas yang jelas dibedakan dengan Yudas Iskariot (Yoh 14:22). Namun, Injil Matius dan Markus mencatat namanya sebagai Tadeus.

Namun selain pembedaan itu, dalam sejumlah naskah Perjanjian Baru ayat Matius 10:3, ada tambahan frasa yang menyebut Tadeus mempunyai julukan Lebbaeus (sang manusia hati). Sementara dalam teks Latin kuno ayat itu menyebut namanya sebagai Yudas orang Zelot. Bahkan dalam tradisi gereja Rasul Yudas juga disebut dengan nama Lewi.

Tentu saja sejumlah penamaan ini membuat narasi tentang Rasul Yudas berkelindan dengan beberapa tokoh lain. Yang minor adalah irisannya dengan kisah Rasul Matius yang juga punya nama Lewi. Juga dengan Simon orang Zelot. Sementara itu namanya juga sering tertukar dengan catatan tradisional soal Tadeus, salah seorang dari 70 murid yang juga melakukan pekerjaan penginjilan ke Syiria dan Armenia.

Yang paling sering adalah mengaitkannya dengan Yudas saudara Yesus yang juga penulis surat Yudas. Pandangan Gereja Katolik umumnya menyebut dua orang ini sebagai sosok yang sama. Pendapat ini mengasumsikan frasa Ioudas Iakobou yang digunakan Lukas di catatannya harusnya bukan diterjemahkan sebagai Yudas anak Yakobus, tapi Yudas saudara Yakobus. Sementara itu Gereja Protestan umumnya menganggap dua sosok ini berbeda.

BACA JUGA  Mengenal Himne GKI

Namun terkait akhir hidupnya, umumnya catatan gerejawi bersesuaian. Rasul Yudas dikisahkan melakukan pekerjaan penginjilan dari Syiria hingga Armenia. Ia diperkirakan wafat sekitar tahun 65 M di wilayah Beirut, yang saat itu merupakan bagian dari Provinsi Syiria dalam Kekasiarana Romawi. **arms

Ilustrasi: Patung Saint Jude Thaddeus Katedral Kopenhagen karya Thorvaldsen (Wolfgang Sauber).