Alkitab memang bukan buku tentang kesehatan. Namun, lewat catatan naratif Alkitab kita bisa melihat ada sejumlah penyakit yang dialami oleh manusia. Bahkan ada pula menunjukkan catatan pengobatannya. Beberapa dari penyakit tersebut juga masih lazim dijumpai di masa kini, meski dampak dan cara pengobatannya telah mengalami perubahan.

Secara umum iklim yang terbilang panas di Timur Tengah, pengaturan sanitasi dan persediaan air, mungkin menjadi penyebab tumbuhnya sejumlah penyakit. Ini terlihat dari catatan terbanyak penyakit di Alkitab adalah terkait penyakit kulit dan kelemahan tubuh. Meski begitu, jika kita menilik catatan Mazmur kuno (Mazmur 90:10), usia harapan hidup masyarakat kala itu ternyata tidak jauh berbeda dengan yang ada saat ini, yaitu 70-80 tahun. Kita pun melihat sejumlah catatan tentang sosok orang yang telah mencapai usia lanjut.

Pengaturan sanitasi masyarakat Israel memang terbilang baik untuk masyarakat di zamannya. Pembasuhan adalah hal yang dijadikan kebiasaan dan hukum dalam banyak momen keseharian. Demikian pula pemeliharaan kebersihan kuku, kulit dan rambut adalah hal yang bisa kita lacak dalam sejumlah aturan Yudaisme. Maka dapat dimengerti, jika penyakit di kulit seperti kusta dianggap sebagai suatu hal yang cukup mendatangkan aib.

Tentu saja karena perbedaan tingkat pengetahuan kesehatan serta kebiasaan, ada beberapa penyakit yang agak sukar dikelompokkan dalam peristilahan masa kini. Alkitab memang umumnya mencatat penyakit yang lazim dialami masyarakat Timur-Tengah, tetapi tak jarang pula hanya menyebutkan gejalanya. Seperti sebutan untuk demam, yang bisa jadi semacam malaria atau justru infeksi. Dalam masyarakat kala itu, nama penyakit memang sering tercampur dengan gejala, gangguan atau kondisi yang mengikutinya.

Lebih jauh lagi, Alkitab sering mengaitkan satu penyakit dengan kondisi spiritual seseorang atau masyarakat secara keseluruhan. Hal ini yang tentunya menyebabkan sejumlah penyebutan dan juga pengobatan penyakit menjadi berkelindan dengan keadaan mental spiritual seseorang. Pengobatan yang dituju pun seringkali tidak hanya mengacu pada tabib, tapi juga pemimpin keagamaan. **arms

Ilustrasi: uscf

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.