Pelayanan memberi tumpangan nampaknya hal inti untuk banyak peristiwa di Alkitab. Seperti Abraham yang menjamu Tuhan di kemahnya. Atau murid di Emaus yang memberi tumpangan pada Yesus. Semoga semangat yang sama juga melatari kawan-kawan di GKI Cianjur untuk melakukan pelayanan rumah singgah ini. Memberi tumpangan pada mereka yang membutuhkan.

Komentar itu disampaikan Pdt. Hendra Prasaja dalam obrolan selepas peresmian rumah singgah pasien Yayasan Kirene GKI Cianjur. Bersama dengan panitia, majelis jemaat GKI Cianjur, serta perwakilan BPMK GKI Klasis Bandung, peresmian ini pun berlangsung sederhana dan penuh rasa syukur. Acara yang berlangsung pada Sabtu (8/2) itu merupakan awal yang baru bagi layanan GKI Cianjur.

Pengadaan rumah singgah ini berawal dari aksi yang digalang oleh panitia Paskah 2018, yang umumnya adalah katekisan GKI Cianjur. Di gelombang sebelumnya, kepanitiaan yang serupa juga telah menggalang aksi untuk pengadaan ambulans gratis.

Hendrik Siboro, salah seorang pendamping panitia menceritakan bagaimana ia dan rekan-rekan muda mencoba membuat kampanye crowd funding untuk pengadaan rumah singgah tersebut.

Waktu itu kami membuat sebuah video untuk memperlihatkan mengapa rumah singgah itu perlu. Kami melihat sendiri pada malam hari di RSUD Cianjur bagaimana orang yang sakit tidur di selasar rumah sakit untuk menunggu entah itu antrian kamar atau BPJS. Mereka rata-rata berpendapat akan sangat terbantu jika ada semacam rumah singgah,” kenang Hendrik.

Sebagaimana diketahui hanya ada dua rumah sakit di Kabupaten Cianjur. Karena kapasitas yang terbatas maka sering kali pasien dan keluarga yang mengantar, harus menunggu antrian pemeriksaan yang panjang. Bahkan tidak jarang harus menunggu sampai keesokan hari. Demikian kerabat yang mendampingi pasien rawat inap membutuhkan tempat untuk berteduh.

BACA JUGA  Design Thinking sebagai Tools untuk Merancang Program

Siapa sangka langkah sederhana yang dilakukan, ternyata bersambut luas. Lewat penggalangan crowd funding sejak dua tahun lalu, kebutuhan untuk pengadaan rumah singgah yang bertempat di Jl. Pasir Gede Raya Cianjur ini akhirnya terpenuhi. **arms

Foto: Willy Irwanto