By the way ini first time ke kantor sinodenya GKI, ternyata keren banget,” komentar Angel Rehulina saat tiba di Griya Mardiko. Angel adalah perwakilan dari BPH Komisi Pemuda GKI Klasis Banten yang hadir dalam Rapat Kerja (Raker) ke-9 BPMK GKI Klasis Banten pada Sabtu (8/2). Ia didampingi rekan pemuda lain, hadir bersama sekitar 70-an peserta Raker tersebut.

Griya Mardiko yang terletak di JL.BSD Boulevard Utara memang merupakan tempat yang terbilang mudah dijangkau oleh delapan jemaat yang tergabung dalam Klasis Banten. Nampaknya, klasis termuda di lingkup GKI Sinode Wilayah Jawa Barat ini pula yang pertama kali menggunakan gedung tersebut untuk rapat kerja lingkup klasis.

Raker itu sendiri berfokus penyusunan program kerja BPMK GKI Klasis Banten untuk periode April 2020-Maret 2021. Rapat ini melibatkan seluruh komisi yang ada di BPMK GKI Klasis Banten, yaitu Komisi Anak, Komisis Remaja, Komisi Pemuda, Komisi Dewasa, dan komisi yang baru dibentuk setahun lalu yaitu Komisi Warga Usia Lanjut (Wulan). Demikian pula keempat bidang pelayanan (persekutuan, pembinaan, kespel dan sarpen).

Dalam Raker diputuskan sejumlah prioritas yang akan difokuskan sebagai program klasis, diantaranya terkait pelayanan pemberdayaan masyarakat di Mentawai. Layanan sosial untuk masyarakat Banten juga diharapkan menjadi gerak bersama dengan gereja-gereja lain di provinsi ini yang tergabung dalam Muspija (Musyawarah Pimpinan Gereja) Banten. Sepanjang dua tahun belakangan, kebersamaan ini banyak melakukan kerja-kerja sosial masyarakat dan juga merintis kebersamaan lintas agama.

Program yang juga ditekankan adalah program dari komisi pelayanan kesehatan, serta Forum GKI yang mengadakan kegiatan seminar, bakti sosial, dan juga mengupayakan silaturahmi GKI dengan tokoh-tokoh agama di Banten. BPMK Klasis Banten juga berharap program beasiswa UKRIDA, program partisipasi dalam hari raya Idul Adha didukung sepenuhnya oleh jemaat-jemaat yang ada serta menjadi berkat untuk masyarakat Banten.

BACA JUGA  Menjangkau yang Tak Terjangkau

Klasis juga mendorong warga gereja aktif dalam kegiatan masyarakat dan turut berproses dalam pengambilan kebijakan dalam aktivitas politik. Apalagi saat ini menjelang pemilihan kepala daerah. Sebagaimana diketahui, di September 2020 nanti akan ada empat wilayah tingkat dua di Provinsi Banten yang menggelar Pilkada, yaitu Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kabupaten Padeglang. BPMK berharap jemaat mendukung terciptanya kondisi yang kondusif pada pemilihan kepala daerah ini.

Khusus untuk kaum muda dan remaja, klasis berharap para pengurusnya dapat menstimulus keterlibatan kaum muda di gereja lewat program yang kreatif dan mengkonsolidasi kaum muda di wilayah Banten.

Kami berharap, komisi pemuda bisa tetap setia dalam mengerjakan tangungg jawab yang besar ini. Sebagai bagian dari gerak bersama dengan komisi-komisi lain di klasis ini,” ungkap Angel. **arms

Foto: Pdt. Santi Manuring, Angel Rehulina.