Sejak beberapa hari lalu, sejumlah gereja dalam lingkup GKI melakukan upaya tambahan untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Selain mengurangi penggunaan gedung gereja untuk berkumpul dalam jumlah besar, gereja-gereja, terutama yang ada di pusat pemukiman dan perkotaan dibersihkan dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Hal ini tentu cukup baik, untuk memastikan kebersihan dan keselamatan jemaat jika nanti gedung ibadah kembali digunakan.

Sebagaimana diketahui, virus varian Covid-19 ini memang bisa menempel di benda-benda yang kerap digunakan bersama. Lantai, karpet, permukaan logam, bangku tempat duduk, serta permukaan dinding ruang-ruang ber-AC potensial menjadi wadah penularan.

Seperti disampaikan oleh dr. Teguh Widjaja, kepala Immanuel Respiratory Center, di RS Immanuel Bandung, meski tidak terlalu banyak menyebar lewat udara, virus Covid-19 memiliki daya tahan yang cukup lama jika menempel pada benda. Virus ini diperkirakan bertahan sekitar 12 jam di permukaan metal dan 9 jam di permukaan kain/pakaian. Hal tersebut tentu menyebabkan ruang yang sering dipakai untuk kegiatan penting untuk selalu dipastikan bebas dari virus.

Sampai Rabu (18/3) tercatat sudah 12 jemaat di lingkup GKI yang telah melakukan penyemprotan disinfektan ini dan 5 jemaat lagi menyusul dalam minggu ini. Di GKI Samanhudi, misalnya, penyemprotan itu dilakukan Rabu (18/3) di tiap ruang, termasuk ruang-ruang kecil yang dipakai untuk kebaktian kategorial. Kegiatan penyemprotan ini merupakan kerja bersama Gerakan Kemanusiaan Indonesia beserta sejumla mitra lintas iman.

Upaya dan sinergi dengan banyak jemaat lain, nampaknya perlu ditambah lagi ke sejumlah jemaat dan rumah-rumah ibadah lain. Terutama bagi yang cukup dekat dengan lingkungan yang padat. Ini penting sebab meski telah membatasi sejumlah pertemuan ibadah, rumah ibadah termasuk gereja masih dipakai terutama oleh para staff dan melayankan hal yang tak bisa ditunda seperti kebaktian duka.

Pembersihan dengan disinfektan merupakan salah satu cara jemaat-jemaat GKI untuk mendukung pemerintah, bersama masyarakat mencegah penularan virus Corona. **arms

Foto: GKI Bintaro dan GKI Samanhudi

Author

  • Selisip

    SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.