Beribadah di rumah tentu sangat berbeda suasananya dengan di gereja. Bagaimana caranya agar kita tetap dapat beribadah dengan khusuk?

  1. PERSIAPKAN TEMPAT KEBAKTIAN. Carilah tempat terbaik di rumah untuk beribadah. Jadikanlah itu sebagai ruang ibadah (sacred space) Anda. Taruhlah sebuah wadah di atas meja untuk memasukkan amplop persembahan pada saat ritual persembahan berlangsung.
  2. PERSIAPKAN SARANA IBADAH. Jauh sebelum ibadah dimulai, pastikan koneksi internet memadai, lalu coba (test) channel YouTube (atau radio maupun audio streaming) dari Kebaktian Online yang akan Anda ikuti.  Daftar lengkap Kebaktian Minggu Online GKI bisa dilihat di SELISIP.com.
  3. PERSIAPKAN DIRI. Walaupun diadakan di rumah, sadarilah bahwa Anda bersama-sama sedang menghadap Allah, bukan hanya menatap layar kaca atau menonton TV.  Berdoalah sebelum Kebaktian Online dimulai, lalu ikuti kebaktian dari awal hingga akhir secara penuh, sebagaimana layaknya ketika Anda beribadah di gereja. Anda dapat berdiri pada saat mengucapkan Pengakuan Iman Rasuli, juga pada saat Pengutusan dan Berkat.
  4. Jika memungkinkan, ajak anggota keluarga di rumah mengikuti kebaktian bersama-sama agar tercipta suasana persekutuan.

Kebaktian Online mungkin terasa aneh pada mulanya, namun bisa jadi momen ini menghadirkan pengalaman spiritual baru bagi kita.

Penulis: BPMSW GKI SW Jabar

Author

  • Selisip

    SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.