GKI Orchestra merupakan sebuah wadah bagi remaja dan pemuda dari seluruh GKI yang memiliki talenta serta kerinduan untuk melayani khususnya dalam bentuk seni musik. Dengan beranggotakan pemandu pujian, pemain musik, penulis aransemen, serta pengaba yang mayoritas berasal dari kaum muda, GKI Orchestra bergiat memperkenalkan, menghidupkan, serta mempopulerkan kembali lagu-lagu himne gerejawi dengan warna musik yang “segar”, terutama bagi kalangan muda yang saat ini mulai beralih pada lagu-lagu pujian kontemporer.

 

Perjalanan komunitas ini diawali pada tahun 2017 ketika Julian Wurangian (GKI Kebayoran Baru) beberapa kali melayani di GKI Serpong sebagai penulis aransemen pujian serta pemimpin tim musik untuk Ibadah Umum. Dalam beberapa kesempatan pelayanan tersebut, Julian juga bekerja sama dengan Abraham Tulong yang pada saat itu merupakan salah satu pengurus Komisi Musik Ibadah Umum di GKI Serpong. Kerja sama pelayanan musik ini berlanjut hingga awal tahun 2018 ketika sejumlah pemain instrumen gesek dari GKI Serpong diajak untuk terlibat dalam pelayanan ibadah dalam rangka ulang tahun GKI Kebayoran Baru.

Tahun 2018 merupakan periode yang penting dalam perjalanan GKI Orchestra. Pada tanggal 17 Agustus 2018, dengan tambahan anggota dari beberapa GKI lainnya seperti GKI Gunung Sahari dan GKI Taman Aries, kelompok musisi muda gereja ini melayani dalam Ibadah Umum di GKI Kebayoran Baru. Pada kesempatan itulah kelompok ini pertama kali disebut dengan nama “GKI Orchestra”. Menjelang akhir tahun 2018, Julian juga bertemu dengan sejumlah aktivis, pelayan, serta pengurus Komisi Musik dari beberapa GKI lainnya, antara lain Steven Ananta (GKI Pondok Indah) dan Stephanie Maria (GKI Gading Serpong), yang pada tahun berikutnya turut terlibat dalam pelayanan GKI Orchestra. Perjalanan GKI Orchestra pada tahun tersebut ditutup dengan pelayanan Ibadah Malam Natal 24 Desember 2018 di GKI Gunung Sahari.

 

Pada tahun 2019, dengan tambahan jumlah anggota yang lebih banyak lagi dari sejumlah GKI lainnya, GKI Orchestra diberkati dengan kesempatan untuk melayani di beberapa GKI di wilayah Jakarta dan Tangerang. Dalam pelayanan pertamanya pada tahun 2019, yakni dalam Ibadah Jumat Agung di GKI Serpong, GKI Orchestra berkolaborasi dengan Ignite. Pelayanan GKI Orchestra yang berikutnya, yakni dalam Ibadah Umum tanggal 18 Agustus 2019 di GKI Taman Aries, menandai tepat satu tahun lahirnya GKI Orchestra. Kemudian, pada akhir tahun yang sama, GKI Orchestra menjawab panggilan untuk melayani di GKI Gading Serpong dan GKI Pondok Indah.

 

Hingga tahun 2020, GKI Orchestra tercatat telah melakukan 8 kali pelayanan di 6 GKI. Pada pertengahan tahun 2020, terlepas dari kondisi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan pelayanan secara langsung di gereja, GKI Orchestra bersyukur dapat tetap melayani dalam bentuk virtual orchestra pada Ibadah online di GKI Pondok Indah. Selama masa pandemi dan pembatasan sosial, GKI Orchestra tetap aktif bermusik dan melayani, salah satunya melalui kanal YouTube resmi GKI Orchestra. Dokumentasi kegiatan yang dilakukan oleh GKI Orchestra dapat dilihat di kanal Youtube https://www.youtube.com/c/GKIOrchestra atau di Instagram @gki.orchestra

 

Meskipun sempat melewati beberapa kali masa “rihat” dan fluktuasi jumlah anggota serta terlepas dari berbagai respons jemaat GKI yang telah dilayani, GKI Orchestra terus bertumbuh secara bertahap karena berkat dan penyertaan Tuhan. Kini komunitas ini tercatat telah mewadahi 96 orang anggota dari 19 GKI. Seiring perkembangannya, GKI Orchestra berharap dapat melibatkan lebih banyak musisi muda GKI serta menjawab lebih banyak panggilan untuk melayani dalam ibadah di GKI, termasuk yang berada di luar wilayah Jabodetabek. Secara khusus, GKI Orchestra rindu untuk menginspirasi serta mendorong GKI yang telah dilayani untuk mengembangkan antusiasme dan pengelolaan sumber daya dalam pelayanan musik iringan ibadah.

Serius dalam pelayanan namun santai dan inklusif dalam interaksinya, prinsip inilah yang ingin terus dipertahankan oleh GKI Orchestra pada tahun-tahun pelayanannya ke depan, disertai dengan doa dan harapan bahwa komunitas ini dapat terus menjadi berkat bagi jemaat serta membawa kemuliaan bagi Tuhan.  Bagi saudara yang berkeinginan untuk bergabung bersama dengan GKI Orchestra dapat mengirim email ke gki.orchestra@gmail.com atau menghubungi Sdri. Stephanie via WhatssApp.

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.