Dari semula, t’lah Kau tetapkan
hidupku dalam tangan-Mu,
dalam rencana-Mu Tuhan
Rencana indah t’lah Kau siapkan
bagi masa depanku yang penuh harapan

S’mua baik s’mua baik
apa yang t’lah Kau perbuat di dalam hidup
S’mua baik sungguh teramat baik
Kau jadikan hidupku berarti 

Lagu Semua Baik diciptakan oleh Budi Haryanto dan Tommy Widodo. Nama yang terakhir mungkin terdengar familiar karena Tommy adalah personil dari grup band Kristen terkenal “One Way”. Tapi siapakah Budi Haryanto? Budi sudah pulang ke Rumah Bapa sehingga sejarah terciptanya lagu ini hanya bisa digali lewat sahabatnya Tommy.

Kisah dibalik terciptanya lagu ini terjadi sekitar 18 tahun yang lalu. Bermula dari persahabatan Tommy dan Budi. Waktu itu mereka sama-sama belajar musik di gereja dan mulai belajar melayani. Budi adalah anak pertama dari 5 bersaudara dalam sebuah keluarga yang sangat sederhana. Hobinya main gitar dan menulis lagu. Dia seorang yang rajin dan setia melayani dimana saja, mulai dari komsel, persekutuan doa, sekolah minggu sampai acara-acara kebaktian, dia selalu pergi melayani ditemani sepedanya.

Suatu hari Budi datang ke rumah membawa bagian chorus lagu “Semua Baik” dan minta Tommy untuk membuat bagian baitnya. Akhirnya terciptalah lagu Semua Baik secara lengkap dalam waktu singkat karena inspirasi dari-Nya. Singkat cerita Tommy dan Budi berpisah karena harus sekolah ke luar kota. Beberapa waktu kemudian Tommy mendengar Budi sakit komplikasi dan kemudian meninggal dunia.

Budi meninggalkan istri dan seorang anak yang tuna rungu. Dia tidak meninggalkan warisan apa-apa (kekayaan) untuk mereka. Lagu Semua Baik direkam untuk yang pertama kali beberapa tahun kemudian, dalam album anak-anak bernama Revi, dan mulai dinyanyikan di banyak gereja. Sejak kematian Budi, lagu itu mengajar Tommy untuk selalu melihat kebaikan Tuhan. Budi dengan hidupnya yang sederhana dan penuh pergumulan, bahkan meskipun anaknya tuna rungu, dia bisa berkata lewat lagu ini bahwa semua yang Tuhan perbuat dalam hidupnya sangat baik.

Budi tidak sempat mendengarkan lagu ini direkam saat ia masih ada di muka bumi ini, tapi lagu ini bergerak cepat melangkah memberkati umat Tuhan, bahkan lebih dari yang Budi perkirakan. Lagu ini tidak hanya dapat dinyanyikan dalam bahasa Indonesia, karena telah diterjemahkan ke bahasa Jepang, dan bahasa Inggris. Lewat lagu ini, Tommy dan Budi berdoa agar kita semua selalu melihat kebaikan Tuhan apapun yang terjadi dalam hidup kita. **yst

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.