Buku ini sangat menarik dan direkomendasikan (oleh sebab itu layak untuk dibeli, dibaca, dan sangat murah dibandingkan kualitas isinya) untuk menjadi titik pijak bagi orang Kristen sejati (baik sebagai individu maupun persekutuan) dalam membaca dan melakukan refleksi praxis perjalanan hidupnya.

Buku ini diawali dengan pokok pikiran, bahwa “… seorang Kristen sejati harus berhasil hidup sesuai rancangan Tuhan.” Orang Kristen sejati, dalam menapaki perjalanan hidupnya, pertama-tama; secara internal; harus tahu tentang rancangan Tuhan bagi dirinya, supaya ia mampu “… mengikuti-Nya dalam perjalanannya di dunia serta mendapatkan anugerah-Nya dalam keseharian hidupnya.”

Dalam pokok pikiran penutupnya, penulis menyampaikan (dalam metafor perjalanan di laut), bahwa ketika berada di lingkungan eksternal gereja, yaitu di masyarakat, orang Kristen sejati harus tetap memandang kuasa Tuhan dan lebih mempercayakan diri pada Tuhan (rancangan Tuhan bagi dirinya), dan rela menyalurkan kasih Yesus pada orang-orang yang tidak dikenalnya.

Perjalanan mengikuti-Nya adalah sikap, cara, dan tindakan orang Kriten sejati yang mengawali hidupnya, menjalani hidupnya, mengakhiri hidupnya dalam rancangan dan anugerah Tuhan, agar mengalami perubahan terus menerus untuk semakin intim dengan-Nya dan rela menyalurkan kasih Yesus:

Di mana pun: perjalanan di ladang gandum, perjalanan di lembah dan gua gelap, perjalanan mendaki, perjalanan di laut.

Dalam situasi apa pun: kegagalan atau kesulitan, merasa sendirian, putus asa, merasa tidak berarti dan tidak berdaya, kelam, ketidaktahuan, ketakutan, tidak aman, menghadapi bahaya maut.

Bersama/kepada siapa pun: Bartimeus (pengemis buta; “orang terpinggirkan”), orang kusta (“orang sakit”), orang tidak dikenal.

Bagaimana gambar perjalanan hidup saya sebagai orang Kristen sejati dalam mengikuti-Nya? Buku ini wajib untuk dibaca, supaya saya dapat menemukan gambar diri perjalanan saya mengikuti-Nya.

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.