Dikenal suka membuat lirik untuk lagu rap, Pdt. Jimmi Santoso tentu tidak ketinggalan menciptakan dua syair rap bagi GKI Karet Belakang (Karbela) dan GKI Surya Utama. Sembari mengumumkan momen perpisahan dan perkenalan dengan kedua jemaat tersebut, pendeta lulusan Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana ini dengan kreatif menggubah susunan kata.

Sebelas tahun di sini dan akhirnya aku akan pergi. Keluarga ini, menjadi saksi jatuh dan bangunku menapaki jalan yang telah kupilih…,” demikian tulisnya untuk jemaat GKI Karbela. Sementara untuk GKI Surya Utama ia menulis dengan menganalogikan jemaat itu sebagai sang surya: “Terangi kami matahariku… Terangi di sini hingga akhir waktu… Terangi kami sang Surya pagi…

Dua syair itu adalah gambaran harapan dan pesan Pdt. Jimmi saat ia melewati momen perpisahan setelah sejak 2007 melayani di GKI Karbela, dan kini menjalani pelayanan baru di GKI Surya Utama. Momen ini dengan resmi dimulai saat kebaktian peneguhannya sebagai pendeta jemaat GKI Surya Utama, pada Senin sore (3/12).

Dalam ibadah peneguhan yang mengambil tema Menjadi Bagian Keluarga dalam Hidup Berjemaat itu, Pdt. Jimmi menyatakan komitmennya untuk terlibat dalam kehidupan yang membangun bersama di jemaat yang ada dalam lingkup GKI Klasis Jakarta Barat itu.

Pdt. Omo Hasyim memimpin ibadah peneguhan yang dihadiri puluhan jemaat serta sejumlah pendeta. Dalam khotbahnya yang mengutip I Tesalonika 5: 12-22, Pdt. Omo mengingatkan tentang kesetaraan dan kebersamaan yang telah menjadi kultur GKI dalam bergereja sekian lama.

Pdt. Omo yang merupakan pendeta jemaat GKI Cikarang itu menegaskan, bahwa dalam gerak bersama yang demikian, tidak ada yang paling menonjol sendiri dalam membangun jemaat. Semua karya seharusnya dikerjakan dan merupakan kesepakatan ide bersama dengan semangat membangun bersama. Seluruh bagian dari gereja, baik pendeta, majelis dan jemaat sudah sepatutnya saling membantu dalam kapasitasnya masing-masing. Ini adalah contoh bagaimana hidup berjemaat itu dihidupi layaknya keluarga.

Layaknya tiap kata yang menjadikan syair-syair rap bermakna dan mengena, tiap elemen jemaat adalah penyusun dari kehidupan bersama. Menjadikan gereja jadi punya makna yang mengena. **arms

Foto: Hernav

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.