Mengindonesia dengan Gembira” adalah tema yang diusung dalam Kebaktian Peneguhan Pdt. Darwin Darmawan dan Pdt. Hendra Prasaja sebagai PTKSW GKI Sinwil Jabar pada tanggal 4 November 2019. Dalam Kebaktian ini, kita diingatkan untuk terus berupaya sebagai Tubuh Kristus, berkarya di Indonesia.

Kenyataan bahwa GKI adalah Gereja Kristen Indonesia dan bukan sekadar gereja yang berada di Indonesia, membuat kita semakin sadar bahwa kegiatan-kegiatan yang bersama kita lakukan bukanlah semata-mata kegiatan yang berhubungan dengan Tuhan secara vertikal, namun juga bagaimana kita mewujudnyatakan iman kita dalam hubungan sehari-hari dan dalam kehidupan kita bersama.

Untuk itu, BPMSW, dalam hal ini PPSM, juga beberapa tahun terakhir terlibat dalam kerjasama dengan Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (DISBINTALAD). Pada tanggal 13 November 2019, PPSM bekerja sama dengan DISBINTALAD telah mengadakan kebaktian dalam rangka memperingati hari Pahlawan di GKI Surya Utama, dilayani oleh Pdt. Yolanda Pantou. Kebaktian ini dihadiri sekitar 500 prajurit TNI.

Menarik sekali, bahwa GKI Surya Utama berupaya menyelenggarakan kebaktian yang ramah lingkungan, dengan cara menyajikan makanan dan minuman dalam kemasan ramah lingkungan.

Kiranya ini juga menjadi perhatian jemaat-jemaat, agar saat MJ menyelenggarakan sebuah acara, MJ juga memikirkan untuk sesedikit mungkin meninggalkan sampah yang tidak ramah lingkungan.

Gereja harus mulai peduli dengan lingkungan dan itu diawali dengan merancang kegiatan-kegiatan yang ramah lingkungan. BPMSW mengucapkan terima kasih kepada Majelis Jemaat GKI Surya Utama yang telah mendukung pelayanan ini.

BPMSW juga telah menghadiri kegiatan sarasehan pembinaan mental TNI AD, dengan tema “Menakar Radikalisme dan Nasionalisme serta Solusinya” dalam rangka memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara menuju Indonesia maju, pada tanggal 20 November 2019.

Masih dalam rangka upaya untuk semakin mengindonesia, pada hari Minggu, 10 November 2019 yang lalu, BPMSW juga menyediakan Liturgi Kebangsaan dan Rancangan Khotbah dalam rangka hari Pahlawan. Mengapa ini menjadi sesuatu yang juga mendapatkan perhatian dari BPMSW?

Selain untuk mengajak kita menyadari ada banyak pemuda pemudi (yang memang merupakan bagian dari GKI Sinwil Jabar), kita juga mau mengajak anggota dan simpatisan GKI Sinwil Jabar, untuk semakin menyadari dan mencintai keindonesiaannya.

Tidak hanya menyediakan liturgi dan rancangan khotbah, dalam rangka memperingati hari Pahlawan juga, Gerakan Kebangsaan Indonesia dan Badan Pemberdayaan Kaum Muda (atau Youth Empowerment Community), melaksanakan Kebaktian Raya Kaum Muda (KRKM) GKI bertemakan “Pahlawan Tanpa Topeng” di 4 tempat, yaitu: Jakarta, Bandung Cirebon dan Tasikmalaya.

Total peserta di 4 tempat tersebut adalah 1.521 kaum muda. Ini kali kedua BPMSW mengadakan KRKM GKI yang dihubungkan dengan semangat kebangsaan.

Dalam KRKM tersebut, selain kebaktian memperingati hari Pahlawan, kegiatan juga diisi dengan talk show kebangsaan. Talk show di Jakarta, Bandung dan Cirebon, menghadirkan narasumber yang menginspirasi kaum muda untuk menjadi pribadi yang jujur, tulus dan mau berkurban bagi lingkungan di sekitarnya.

Peserta yang hadir memberi respons positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasakan antusiasme karena kebersamaan yang tercipta dan menjadi lebih berkomitmen mewujudkan panggilannya sebagai kaum muda Kristen Indonesia.


Penulis:
 BPMSW GKI SW Jabar

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.