BPK Penabur Jakarta tidak hanya mengembangkan peserta didik dari sisi akademik, tetapi kami juga mengembangkan dari sisi non akademik, salah satunya adalah seni. Melalui seni tradisional yang ditampilkan peserta didik kami, kami ingin mengajak para peserta didik untuk terus menumbuhkan rasa nasionalisme mereka di tengah-tengah era digitalisasi saat ini.

Antono Yuwono, Ketua BPK Penabur Jakarta, mengomentari kegiatan Citraloka Nusantara yang dikerjakan oleh SMP dalam lingkup BPK Penabur Jakarta Sabtu lalu (8/2). Dalam kegiatan itu makna mendalam tentang nasionalisme memang terekam dalam kemegahan aksi panggung yang dibawakan para siswa menengah lewat kisah-kisah heroik bangsa.

Acara itu sendiri melibatkan sekitar 554 remaja dari 17 SMPK Penabur di Jakarta dan sekitarbya. Mereka mengangkat kisah perjuangan Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Sisingamangaraja dan Peristiwa Rengasdengklok. Namun, yang dituju bukanlah sekedar kemegahan performance.

Para peserta didik yang tampil dalam kegiatan Art Performance Citraloka Nusantara ini juga merasa antusias dalam melalui setiap proses latihan. Seperti diungkap Aurelius dari SMPK Penabur Gading Serpong. Ia merasa bangga karena bisa menunjukan bakat bermain drum saya kepada orang lain, dengan lagu-lagu yang bertemakan perjuangan. Aurel juga senang bisa bekerjasama dengan teman-teman dari SMPK Penabur lainnya

Saya berharap dengan penampilan kami, juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kepada teman-teman yang menonton pertunjukan ini.” tambahnya.

Kegiatan ini adalah salah satu contoh bagaimana BPK Penabur semakin matang dalam memaknai pendidikan. Tidak hanya berupaya agar individu atau satu sekolah maju, lembaga pendidikan ini berupaya memberi kontribusi yang semakin besar untuk kemajuan masyarakat, dalam hal ini menumbuhkan nasionalisme. Ini adalah refleksi dan ikhtiar yang kian penting, apalagi tahun ini secara nasional BPK Penabur tengah menapaki dasawarsa ketujuh keberadaannya.

Amat diharapkan bukan hanya di tingkat SMPK atau di hanya di BPK Penabur Jakarta, namun semua sekolah di lembaga pendidikan ini menumbuhkan kontribusi bagi bangsa dalam tiap gerak pendidikannya.

Saat ini pastilah tiap sekolah di BPK Penabur mulai mempersiapkan diri dalam semarak perayaan 70 tahun usianya. Secara nasional juga ada sejumlah kegiatan seperti lomba, seminar, roadshow, kegiatan kepedulian hingga acara puncak pada 22 Agustus nanti. Semoga dalam tiap momen tadi, kematangan sebagai institusi pendidikan dan semangat berkontribusi bagi negeri ini kitan ditumbuhkan. **arms

Foto: BPK Penabur Jakarta.

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.