Diawal tahun 2020, kita prihatin dengan bencana banjir di Jakarta, Bogor, Bekasi dan Banten. Selain kerugian materi, ada puluhan orang meninggal dunia. Beberapa gedung gereja GKI juga terkena banjir. Namun dalam keadaan seperti itu, kita justru terharu karena beberapa Jemaat GKI secara spontan membuka gedung gerejanya untuk menjadi posko penampungan korban banjir.

Beberapa Jemaat GKI juga secara serentak mengumpulkan dan menyalurkan baju layak pakai, bahan makanan untuk korban banjir. Ada juga yang menyalurkan dana untuk menunjang pelayanan yang dilakukan oleh TIM GKI. Kami mengucapkan terima kasih untuk uluran tangan rekan-rekan sekalian.

Tim Gerakan Kemanusiaan Indonesia mengkoordinir upaya evakuasi beberapa anggota jemaat atau keluarganya yang membutuhkan bantuan karena tidak bisa keluar dari rumah. Selain itu, Tim GKI – bersama GKI Klasis Priangan dan UKRIDA – menyalurkan bantuan dan melakukan bakti sosial pengobatan gratis di Kampung Susukan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Bersama dengan GKI Klasis Banten, Tim GKI juga melakukan pengobatan gratis dan trauma healing di Desa Sukajaya Kecamatan Sajira dan Desa Tambak Kecamatan Cimarga, Lebak. Selain Tim GKI, Griya Kesehatan Indonesia, melakukan pelayanan kesehatan untuk para korban banjir di beberapa lokasi. Menariknya, pelayanan-pelayanan kesehatan ini dilakukan bersama dengan saudara-saudari dari Muslimat Nahdatul Ulama serta Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI).

BPMSW melalui Bidang PPSDM juga telah melakukan percakapan dengan sebelas orang kader yang memasuki Tahap Perkenalan pada hari Senin-Selasa, 13-14 Januari 2020. Berikut nama-nama kader yang menjalani Tahap Perkenalan : Agung Prasetyo (GKI Pengampon), Arum Agung Gumelar (GKI Cianjur), Devina Erlin Minerva (GKI Gading Serpong), Erma Priastuti Kristiyono (GKI Gading Serpong), Joshua Bernando (GKI Bogor Baru), Modi Tiko Pradana (GKI Cibadak), Nadya Dewi Natalia (GKI Gatot Subroto), Nike Kusumawati (GKI Ciamis), Prio Utomo (GKI Cipinang Indah), Windyarti Angelia (GKI Kavling Polri), dan Yemima Karisma (GKI Pengampon).

Sebelum melakukan percakapan, para kader melakukan tes talent mapping untuk mengetahui talenta-nya. Hasil tes dan juga hasil psikotes yang sudah diikuti setelah lulus studi oleh kader tersebut didiskusikan secara pribadi agar kader mengenal dirinya. Para kader juga diajak mengenali motivasi dirinya. Dengan semakin mengenal dirinya diharapkan para kader yang ditempatkan di GKI Sinwil Jabar ini semakin dapat berproses dengan baik.

Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi tentang Tahap Perkenalan yang akan dijalani. Pada tanggal 14 Januari 2020, Majelis Jemaat yang menerima kader juga melakukan percakapan dengan BPMSW sehingga Majelis Jemaat dapat mendukung kader menjalani Tahap Perkenalan dengan baik.

Kami berharap Tahap Perkenalan ini menjadi sebuah proses di mana – baik kader maupun jemaat – dapat saling mengenal satu dengan yang lain. Tentu saja tidak ada kader atau pun jemaat yang sempurna, kedua belah pihak harus juga mau saling menerima dan menjadi berkat satu dengan yang lain.

Pada hari Senin, 13 Januari 2020, Pdt. Arliyanus Larosa telah diteguhkan sebagai Pendeta Tugas Khusus Sinode non-keorganisasian yang ditugaskan menjadi direktur di Yayasan Komunikasi Bersama. Kebaktian peneguhan dilaksanakan di GKI Kepa Duri dan mengambil tema “Pekabaran Injil di era Industri 4.0”. YKB yang adalah Badan Pelayanan milik Sinode GKI, mempunyai tantangan untuk terus mengabarkan Injil di tengah era Industri 4.0, sehingga memang upaya untuk mengabarkan Injil terus berjalan dan relevan.

Pada tanggal 15 Januari 2020, PPSM yang dibantu oleh panitia dari GKI Klasis Bandung dan GKI Klasis Priangan telah melaksanakan Natal TNI/POLRI dan ASN. Perayaan Natal dilaksanakan di Auditorium Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Kita bersyukur sebab perayaan Natal tahun ini meriah dan memberi ruang bagi mahasiswa dari Papua untuk tampil mendukung acara Natal.

Natal ini dihadiri pemerintah Propinsi Jawa Barat, yang diwakili Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Jawa Barat. Selain itu, Natal ini juga dihadari perwakilan Pengurus Wilayah NU, Pimpinan PGIW Jawa Barat, dan Uskup Bandung. Bersama dengan prajurit TNI/POLRI, jemaat-jemaat Kristen dan Katolik di Bandung bersukacita merayakan Natal.

Pada hari Kamis-Sabtu, 16-18 Januari 2020, KKSW GKI SW Jabar telah melaksanakan tes masuk dan wawancara untuk calon mahasiswa teologi gelombang pertama yang akan menjadi kader GKI. Kegiatan dilaksanakan di GKI Gunung Sahari. Calon mahasiswa yang mengikuti tes sebanyak 10 orang. Ada lima orang yang berencana masuk ke STFT Jakarta, tiga orang yang berencana masuk ke Fakultas Teologi UKDW dan dua orang yang berencana masuk ke SAAT Malang.

Dari proses seleksi tersebut, ada lima orang yang lulus. Dua orang akan studi Teologi di STFT Jakarta, dua orang akan studi di SAAT Malang dan satu orang akan studi di Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana. Gelombang kedua seleksi masuk calon mahasiswa teologi akan diadakan di Wisma Sejahtera GKI, Magelang pada 21-23 April 2020. Bagi anggota jemaat GKI yang berminat, dapat mendaftarkan diri sebagaimana yang ada di brosur-brosur dan warta jemaat.

Kita bersyukur, pada tanggal 19 Januari 2020 telah dilaksanakan Kebaktian Peresmian Pos Jemaat Sumedang, yang dirintis oleh GKI Anugerah. GKI Cikarang juga telah merintis Pos Jemaat Citra Indah City, yang kebaktian peresmiannya dilakukan pada tanggal 26 Januari 2020. Mari kita doakan agar kedua pos jemaat ini terus bertumbuh dan kelak menjadi Jemaat GKI dewasa.

Senin, 20 Januari 2020, BPMSW bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UKRIDA mengadakan konven pendeta di GKI Kayu Putih. Ini adalah konven serial yang rencananya akan dilakukan setiap bulan. Tema konven pada bulan ini mengambil tema “Kesehatan Mental dan Abnormalitas Perilaku Manusia.” Sebanyak 41 pendeta (termasuk mahasiswa teologi dan kader pendeta) mengikuti konven tersebut.

Pada hari yang sama, bertempat di Auditorium UKRIDA (kampus 2), berlangsung Dies Natalis ke-53 UKRIDA. BPMSW GKI SW Jawa Barat mengutus Pnt. Heru Tjahyo Pinastiko guna menghadiri acara tersebut. Terkait dengan HUT ke-53 UKRIDA ini, Jemaat-jemaat GKI telah dihimbau untuk menggunakan liturgi khusus dalam rangka ulang tahun dalam Kebaktian Umum pada Minggu, 26 Januari 2020, serta memutar video terkait.

Kita juga bersyukur sebab pada Sabtu, 31 Januari 2020, Pendeta Sheph Davidy Jonazh telah melantik rektor UKRIDA dalam diri Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK. Kita berharap dan berdoa, kepemimpinan rektor yang baru dapat membuat UKRIDA semakin maju dan menjadi berkat di bidang pendidikan.

Kita bersyukur karena Rumah Sakit Family Medical Center (FMC), sesuai dengan tujuannya untuk menjadi Rumah Sakit Pendidikan bagi mahasiswa kedokteran UKRIDA, sedang terus mengurus izin tersebut. Kita juga bersyukur sebab RS Pendidikan UKRIDA yang berlokasi di Jalan Arjuna Utara, Kebon Jeruk, sedang mengurus izin supaya dapat beroperasi. Saat ini, RS tersebut sedang mengurus izin Sertifikat Layak Fungsi. Mohon dukungan doa jemaat-jemaat agar kedua RS tersebut bisa menjalankan fungsinya dan menjadi berkat untuk warga jemaat dan masyarakat.

Sebagaimana kita ketahui bersama, UKRIDA memberikan beasiswa bagi mereka yang membutuhkan melalui Clement Suleeman Scholarship Fund. Beberapa pendeta GKI Sinwil Jabar dan BPMSW sudah berkomitmen untuk secara rutin memberikan sejumlah dana minimal Rp. 50.000,- dan secara otomatis ditarik dari rekeningnya. Kami mengajak jemaat untuk juga berpartisipasi mendukung program ini.

Hari Senin, 27 Januari 2020, Pdt. Jotje H. Karuh diteguhkan menjadi Pendeta dengan basis pelayanan GKI Kebonjati. Terima kasih untuk Pdt Jotje yang sudah 8 tahun melayani sebagai Sekretaris Umum BPMSW GKI Sinwil Jabar dan selamat melayani di GKI Kebonjati kembali.

Akhir kata, kami mengajak kita terus mendoakan pemulihan kesehatan Pdt. Izack Sipasulta dan Bpk. Yusak Ismanto supaya kesehatan mereka berangsur-angsur membaik.

Penulis : Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah GKI SW Jabar

Author

  • SELISIP berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat.