Natal Tahun 2020 adalah pengalaman yang khusus bagi sebagian besar jemaat GKI, karena kemungkinan besar tak dapat kita rayakan di gereja. Bahkan andaikan ada yang merayakan di gereja pun, pasti dengan suasana yang berbeda, karena mesti menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bernyanyi tak seleluasa biasanya; ngobrol usai Ibadah atau Perayaan Natal sangat dibatasi; bersalaman, apalagi berpelukan dilarang sama sekali.

Namun kegembiraan Natal tetap harus kita jaga. Seluruh umat perlu tetap dapat merasakan sukacita Natal, meskipun tetap di rumah saja.

 

Dari prakiraan situasi seperti inilah, dalam obrolan dengan Pdt. Cordelia Gunawan, muncul ide untuk membuat acara yang dapat menolong umat untuk merasakan sukacita Natal. Setelah memikirkan semua hal, terutama kesanggupan mengerjakannya, maka muncullah ide untuk membuat Christmas Hymn Festival. Pada saat yang sama, kami tak mau acara ini hanya semacam tontonan yang disiapkan beberapa orang saja untuk semua jemaat. Karena itu kami memutuskan untuk melibatkan sebanyak mungkin jemaat dalam pelaksanaannya.

 

Ide ini kemudian kami sampaikan kepada Pdt. Danny Purnama, Sekum BPMS GKI. Beliau menyambut gagasan ini dengan baik, maka BPMS GKI pun menyurati semua jemaat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraannya.

 

Puji Tuhan, jemaat-jemaat GKI cukup antusias meresponsnya, maka pada tanggal 25 dan 26 Desember 2020 ini, mulai pukul 21.00, ada 22 group musik dari berbagai jemaat GKI yang akan mempersembahkan aneka nyanyian Natal, dengan berbagai genre musik. Ada yang klasik, pop, dan enik. Ada solo, trio, kwartet, dan Paduan Suara. Ada iringan piano, band, ensemble, dan orchestra. Semua ini kami rangkai sedemikian rupa sehingga memperlihatkan proses persiapan atau berita kelahiran Tuhan, peristiwa di sekitar kelahiran, respons atas kelahiran Tuhan, dan pesannya pada masa kini. Bagian demi bagian dari lagu-lagu Natal ini dirangkaikan oleh puisi dan narasi yang ditulis dengan apik oleh Pdt. Cordelia Gunawan, dan dibacakan dengan indah oleh beberapa pendeta GKI dari ketiga Sinode Wilayah. Tak ketinggalan, pak Sekum BPMS GKI, Pdt. Danny Purnama, dan bu Sekum BPMS GKI, Pdt. Untari Setyowati akan memberi sambutan dan ucapan Selamat Natal kepada kita semua.

So, mari bersama merayakan, merasakan, dan membagikan sukacita Natal dalam Christmas Hymn Festival 2020.

Terima kasih untuk semua Sahabat yang telah memungkinkan Christmas Hymn Festival 2020 ini dilaksanakan. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Author