Awalnya tahun 2020 ini Komisi Anak GKI Samanhudi merencanakan ingin membuat “Natal Anak Online” untuk kebutuhan internal saja, karena pada tahun-tahun sebelumnya selalu ada acara “Natal Anak Onsite” di mana anak-anak bisa datang ke gereja. Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan keputusan untuk meniadakan Natal Anak Onsite pada tahun 2020 ini.

Menyadari bahwa ternyata pada tahun ini banyak anak-anak di berbagai gereja di daerah di Indonesia dan juga berbagai negara, yang juga tidak bisa ikut kebaktian dan merayakan Natal di gereja secara “Onsite” serta adanya kebutuhan yang sama dari banyak gereja untuk mempersiapkan acara Natal Anak,  sementara banyak gereja juga mengalami kesulitan untuk mempersiapkan Natal Online maka tercetuslah ide untuk membuat dan menggarapnya secara serius, bukan hanya untuk kebutuhan internal saja, tapi juga untuk dibagikan kepada anak-anak di manapun juga dan dari gereja manapun juga supaya mereka bisa merayakan Natal bersama walaupun secara Online.

Hal ini memungkinkan dengan tersedianya teknologi internet yang mampu menembus komunikasi ke berbagai tempat di seluruh belahan dunia.

Ternyata ide ini memperoleh banyak dukungan dari :

“Teman-teman dan berbagai Komunitas, Lembaga, Gereja berbagai denominasi di Indonesia dan mancanegara”. Di antaranya BPMSW GKI Sinwil Jabar, BPK PENABUR, Bina Warga GKI, Yayasan Komunikasi Bersama (YKB), Our Daily Bread (ODB) Indonesia, Haggai Institute.

Dikemas dalam cerita Fabel Musikal dengan tema “AKU MAU BERSINAR”, kami berdoa kiranya anak-anak juga bisa menikmati dan mendapatkan makanan rohani yaitu mendengarkan Firman TUHAN, semakin mengenal dan mengasihi TUHAN YESUS serta bersukacita dalam acara Natal Online ini.

Persiapan acara ini dilakukan oleh panitia yang terdiri dari para Guru Sekolah Minggu sejak bulan Agustus 2020, dalam waktu yang relatif singkat di tengah kesibukan dan segala keterbatasan situasi dan kondisi pandemi. Namun Tangan TUHAN terasa memimpin dan membimbing dalam setiap prosesnya. Mulai dari Tema, Ide cerita, pembuatan Naskah, Lagu, Latihan via zoom, Rekaman Audio maupun Video, Editing dan Mastering sampai Pasca Produksi. Penayangannya dalam Bahasa Indonesia dengan “English Subtitle” supaya anak-anak dari gereja mancanegara juga bisa mengikutinya. Acara ini juga melibatkan anak-anak selain para Guru Sekolah Minggu sebagai pengisi acara.

 

Dengan kombinasi musikal, cerita Fabel diambil karena disukai anak-anak. Ada 12 jenis hewan yang dipilih mewakili binatang darat, burung yang terbang dan ikan yang hidup di air. Di antara para hewan, karakter Dongki Keledai, Yamyam Ayam dan Pingkan Ikan akan memberikan kesaksian mereka, bagaimana TUHAN memakai mereka dalam hidup ini. Bila TUHAN saja mau memakai hewan, terlebih lagi TUHAN juga mau memakai semua manusia untuk memuliakan TUHAN. Bersinar bagi TUHAN.

Hari Natal, bukan saja YESUS lahir di Betlehem sebagai Bayi Kudus, tetapi YESUS juga adalah Terang yang datang ke dunia yang gelap. Dan Ia juga ingin menjadi Sumber Terang yang mengubah dan membuat hati dan hidup manusia menjadi bercahaya dan indah. Bila YESUS hidup dalam kita yang juga mengasihiNya maka kita akan bersinar.

Menyikapi kondisi yang berkembang saat ini di mana anak-anak tidak bisa ibadah di gereja , di Sekolah Minggu. Banyak gereja yang membutuhkan materi Online. Menyadari besarnya kebutuhan anak-anak akan Firman TUHAN, maka kami berdoa ide membuat materi Online ini bisa berkembang dan memberikan inspirasi juga bagi para hamba TUHAN khususnya dalam pelayanan anak.

Akhir kata, Selamat mengikuti acara Natal Anak ini pada tanggal 27 Desember 2020 secara Online pada salah satu Tautan (Links) :

– tiny.cc/KASamanhudi_KuMauBersinar

– bit.ly/akumaubersinar

– https://youtube.com/c/YKBGKITV

Jam 07.00 WIB (Tayangan perdana), 09.30 WIB dan 18.00WIB

Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bagi kita semua. Bersinarlah bagi TUHAN.

TUHAN YESUS memberkati.

 

Salam dalam Kasih KRISTUS

Santoso Gondowidjojo

Sutradara

 

Author