Pada masa pandemi Covid-19 ini, istilah “kolaborasi” menjadi sangat populer, sebagai respons berbagai pihak untuk menghadapi dampak pandemi. Misalnya: pada awal pandemi, badan pelayanan Gerakan Kebangsaan Indonesia berkolaborasi dengan berbagai lembaga untuk menggalang bantuan guna melakukan sterilisasi rumah ibadah, pemberian makan para tenaga kesehatan, dan lainnya. Atau masyarakat yang bahu-membahu memberi donasi lewat berbagai lembaga guna meminimalkan dampak sosial-ekonomi dari pandemi.

Kali ini, di awal tahun yang baru, sejumlah komunitas dewasa muda (demuda) GKI berkolaborasi untuk menyelenggarakan perayaan Natal dan mensyukuri tahun yang baru. Kegiatan ini rencananya dilangsungkan pada hari Sabtu, 09 Januari 2021 pk. 16.00 melalui zoom. Sungguh menarik jika mencermati inisiator kegiatan ini. Inisiator kegiatan ini bukanlah lembaga dari lingkup yang lebih luas, seperti BPMK atau BPMSW tertentu, tetapi komunitas demuda dari beberapa Jemaat GKI yang sudah memiliki wadah bagi demuda.

Situasi ini sepertinya mengingatkan kita tentang gerakan para pemuda GKI yang berkumpul di Kaliurang pada 20-24 Agustus 1972 untuk membicarakan penyatuan GKI. Tentu tidak pada tempatnya untuk menyamakan kegiatan dari komunitas demuda yang akan datang ini dengan apa yang terjadi pada tahun 1970-an itu. Namun yang mau disampaikan adalah bahwa “kolaborasi” bukanlah hal yang asing bagi GKI. Apalagi, kolaborasi itu adalah untuk hal-hal yang positif.

Sampai dengan saat ini, ada 10 Jemaat GKI yang komunitas demudanya siap ambil bagian dalam kegiatan bersama ini. Jika dilihat pada daftar nama Jemaat pada poster, maka Jemaat-jemaat tersebut berasal dari GKI SW Jawa Barat, GKI SW Jawa Tengah dan juga GKI SW Jawa Timur. Hal ini tentu sangat menggembirakan; sebagai sebuah upaya mempererat persekutuan dari komunitas demuda GKI. Apalagi, pada masa pandemi ini, pertemuan tidak lagi dibatasi oleh jarak dan tempat.

Dengan mengambil tema: Keep Shining in the Darkness of Life, diharapkan umat dapat terus bergeliat untuk memberi dampak positif bagi kehidupan yang masih dilanda pandemi. Kegiatan ini rencananya akan disiarkan secara life streaming melalui YouTube Channel dari Binawarga, sehingga umat demuda yang berhalangan hadir lewat zoom, dapat mengikutinya dari tempat masing-masing. Mari kita mendoakan kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancar dan menjadi kemuliaan bagi Allah.

Author