Sabtu, 3 Juli 2021 

GKI SW Jabar bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), mengadakan seri webinar berupa Pelatihan Kewirausahaan dengan thema : Digital Marketing & Trend Konsumen 2021.

Sesi ke-1 webinar ini dibawakan oleh Ibu Dr. Melitina Tecoalu, SE, MM, CFP (Dekan FEB) dan Bp. Dr. Oki Sunardi, IPM, ASEAN Eng. (Dekan FTIK). Para narasumber, selain berprofesi sebagai akademisi, beliau juga memiliki profesi sebagai wirausaha. Di webinar ini, mereka berbagi pengalaman mereka saat merintis usaha mereka masing-masing. Dr. Oki mengembangkan potensi dirinya menjadi seorang entrepreunership di bidang akademik, dimulai dengan menjadi seorang konsultan. Lalu berlanjut menjadi investor dan importir. Sedangkan Dr. Melitina membagikan pengalaman, dimulai dengan membantu orang tua berbisnis jual beli produk kendaraan bermotor. Dan pengalaman suami dan keponakannya dalam membangun bisnisnya. Lalu beliau mengembangkan potensi diri dan passion-nya sebagai akademisi di bidang bisnis. Beliau mengabdikan diri sebagai akademisi untuk ‘mencetak’ calon-calon wirausaha muda di UKRIDA.

Menurut Bp. Oki, untuk menjadi seorang entrepeneurship, bisa dirintis dengan menjadi seorang intrapreneurship terlebih dulu, saat seseorang bekerja di suatu perusahaan. Tujuannya, untuk membekali diri seseorang dengan beberapa ketrampilan (skills), agar siap untuk mulai merintis suatu usaha secara mandiri, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki antara lain adalah kemampuan untuk melakukan switching atau alih usaha bisnis, secara cepat dan tepat. Dimulai dengan memulai usaha yang cocok dengan hobby atau kesukaan diri sendiri. Lalu dilanjutkan dengan melakukan riset dengan data yang cukup menyeluruh. Kemudian diakhiri dengan hasil analisa yang menciptakan peluang, “feeling” atas peluang dan eksekusi potensi bisnis yang akan dimasuki. Amati perkembangan kompetisi dan upayakan untuk memanfaatkan trend penjualan terkini. 

Di masa pandemi, trend pemasaran adalah melalui sistim daring (online). Narasumber juga memanfaatkannya dengan membuka toko online kebutuhan perlengkapan tenis meja di salah satu platform penjualan daring. Karena bisa membuka peluang pesanan lain yang jumlahnya lebih besar. Dan ternyata berhasil menambah omset penjualan produknya.

Nara sumber yang lain, Ibu Melitina, men-sharing-kan pengalaman suaminya dalam merintis bisnis yang baru. Dimulai dari hobby dan ketrampilannya di dunia aksesoris mobil. Lalu mencari peluang, diantara kompetisi bisnis yang sangat ketat, dengan strategi “red ocean”. Dan dengan dikerjakan sepenuh hati dan dikerjakan sendiri, maka hasil kerjanya bisa melebihi harapan dari pembeli. Usahanya mulai dikenal dari mulut ke mulut, sehingga kesulitan memenuhi pesanan, sebelum masa pandemi.

Beliau juga membagikan pentingnya memegang nilai-nilai budaya (yang diajarkan ke para mahasiswanya di Ukrida) yaitu : LEAD (Loving (Mengasihi) – Enlightening (Mencerahkan) – Advanced (Maju) – Determined (Bertekad)). Nilai – nilai tersebut akan sangat bermanfaat saat diterapkan dalam membangun kewirausahaan.

Di akhir sharing-nya, para nara sumber sepakat menekankan pentingnya seseorang memulai bisnis di bidang yang menjadi bakat dan/atau hobby-nya. Karena bisa menimbulkan “hasrat” (passion) dan  “jiwa” (soul) yang kuat. Tidak mudah menyerah (never give up) untuk menjalankan suatu bisnis yang baru. 

Usai paparan dari para nara sumber, dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta. Mereka sangat antusias dalam menanggapi pengalaman nara sumber.

Sesi ke-2 webinar berikutnya dibawakan oleh Bp. Daniel Widjaja, SE, MM (Kaprodi S1 Manajemen) dan Bp. Gatot Gunarso, S. Kom, M. Sc. (Kanit Kewirausahaan). Pada sesi ini, para nara sumber berbagi informasi dan pengetahuan dalam memanfaatkan marketing digital sebagai salah satu upaya untuk memasarkan produk. Lalu dilanjutkan dengan panduan menggunakan salah satu platform penjualan daring terkemuka. 

Pada sesi ini, peserta dipandu untuk mempraktekkan membuka akun toko online. Ada berbagai tips dan trick saat membuat akun yang baru maupun mengisinya dengan konten produk yang akan dipasarkan.

Webinar yang diberikan sangat membekali para peserta yang memiliki minat untuk memulai menjadi wirausaha. Harapan kedepannya ialah melalui pembinaan ini semakin banyak jemaat GKI SW Jabar yang menjadi wirausaha. 

 

Author