Judul               : Sapiens: Pilar-pilar Peradaban (Grafis vol. 2)
Penulis            : Yual Noah Harari
Penerbit         : Kepustakaan Populer Gramedia
Halaman        : 256 halaman

 

Buku ini adalah kelanjutan dari buku yang pertama tentang asal-usul manusia berdasarkan sejarah. Di dalam buku yang kedua ini akan diceritakan tentang bagaimana terbentuknya sebuah peradaban dari manusia yang disebut pemburu-pengumpul menjadi manusia yang menetap dalam sebuah wilayah.  Perubahan yang terjadi memberikan dampak yang signifikan terhadap cara hidup manusia modern. Perubahan terbesar terjadi adalah saat manusia pemburu-pengumpul berubah menjadi para petani yang mengusahakan sebuah tanah.

Menurut Yual Noah Harari, perubahan tersebut membuat manusia akhirnya dipaksa bekerja keras untuk mengumpulkan cadangan makanan agar mereka tidak mati karena kelaparan. Selain itu dengan menetap maka akan banyak anak-anak yang lahir dan berarti semakin banyak mulut yang harus diberi makan. Semakin banyak manusia yang ada di sebuah tempat maka potensi kekerasan akan semakin banyak.  Beberapa bukti arkeologis dan antropologis menunjukkan bahwa tampaknya dalam banyak masyarakat bertani, sekitar 25 persen dari semua kematian akibat kekerasan.

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial namun tidak bisa bekerja sama dalam jumlah yang sangat banyak lebih dari ribuan orang. Lalu bagaimana bisa manusia bekerja bersama dalam jumlah yang demikian besar? Harari mengatakan bahwa ada sebuah tatanan yang dipercaya oleh banyak manusia (agama, hukum, mitos, kepercayaan). Tatanan inilah yang dipercaya oleh manusia dan dijalankan dalam kesehariannya.

Apakah tatanan ini bisa berubah? Ya, berbeda dengan hukum fisika yang akan selalu tetap, sebuah tatanan peradaban ini dapat juga berubah tergantung perubahan manusia. Sebagai contoh, zaman dulu budak adalah hal yang biasa dalam sebuah zaman, namun lama-lama perubahan terjadi sehingga pada zaman sekarang yang namanya perbudakan adalah hal yang jahat. Demikian juga dengan perkembangan feminisme yang diperjuangkan dan membawa perubahan pada zaman sekarang.  Namun perubahan membawa sebuah dampak yang berbeda. Penghapusan perbudakan membawa jumlah korban yang demikian banyak, bandingkan dengan para feminis yang membawa perubahan tidak dengan perang atau membawa banyak korban. Mengapa bisa begitu? Harari mengatakan sekali lagi tergantung sebuah tatanan yang ada pada saat itu dan sikap manusia dalam melihat perubahan tersebut.

Buku ini sangat menarik untuk kita melihat perubahan peradaban dimulai dari zaman Hamurabi sampai dengan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Di dalam buku ini juga dimunculkan beberapa kutipan dari Alkitab yang menggambarkan kebudayaan yang berbeda pada zaman tersebut dengan zaman sekarang. Buku ini cocok untuk menambah pengetahuan kita mengenai sebuah peradaban manusia, namun disarankan agar membaca buku ini dengan pikiran yang lebih kritis dan terbuka.

Author