Menulis merupakan sebuah cara untuk menuangkan ide, gagasan, pendapat, pengalaman bahkan peristiwa yang kita pikirkan, rasakan, dan lihat. Seorang penulis dan ilmuwan sastra Indonesia yang bernama Seno Gumira Ajidarma pernah berkata: “Menulis adalah suatu cara untuk berbicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang”. Dapat kita pahami bahwa menulis adalah sebuah karya manusia yang boleh disadari akan bersifat jangka panjang; sekalipun sang penulis telah tiada, namun buah pemikiran yang tertuang dalam tulisan-tulisan akan dapat dinikmati oleh banyak orang di waktu yang berbeda. Inilah salah satu sifat keistimewaan karya tulisan.

 

Disadari juga bahwa setiap penulis memiliki ciri khas dalam tulisannya, yang tentunya bersumber dari pola pikir, kebiasaan, kemampuan analisa, kemampuan tata bahasa, kultur, dan lain sebagainya; yang melekat pada diri penulis itu sendiri. Jika kita sejenak memperhatikan tulisan yang ada di dalam Alkitab, misalnya Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes), tentu memiliki ciri khas masing-masing dari latar belakang keistimewaan dari penulis Injil itu sendiri. Tulisan surat-surat Rasul Paulus juga memiliki ciri khas tersendiri, misalnya struktur tulisan yang dibuat memiliki konsistensi, baik itu salam bagian pembuka, isi, dan salam bagian penutup. Begitu juga dengan tulisan-tulisan yang muncul di berbagai media yang kita bisa nikmati dengan mudah dan cepat di era saat ini, tentu memiliki ciri khas masing-masing penulis, bahkan juga tujuan dari tulisan tersebut diterbitkan ke masyarakat lebih luas.

 

GKI SW Jawa Barat memiliki ruang pelayanan yang memberikan kesempatan bagi anggota jemaat dan simpatisan GKI yang memiliki talenta menulis, yaitu selisip.com. Namun, disadari atau tidak, apakah kehadiran selisip.com sudah dirasakan dampaknya oleh Jemaat GKI? Atau justru baru mengetahui bahwa GKI memiliki selisip.com saat membaca tulisan ini? Tidak ada kata terlambat atas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Oleh karena itulah, tulisan ini dihadirkan kepada kita untuk mengenal kembali ruang pelayanan yang tersedia melalui selisip.com.

 

Selisip.com merupakan media online Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat (GKI SW Jabar). Terbit sejak September 2016, media ini berperan sebagai sarana informasi bagi jemaat GKI SW Jabar. Kata SELISIP sendiri berarti sisipan. Media ini meyakini kehadirannya mampu menyelisip di tengah derasnya arus informasi di masyarakat. Menjadi informasi alternatif dengan menampilkan narasi dan karya kasih yang melibatkan kaum muda, menjunjung nilai keberagaman dan kemanusiaan, serta memberi kontribusi bagi masyarakat Indonesia. Selisip.com mengupayakan agar keluarga besar di GKI SW Jabar semakin giat mengerjakan perannya untuk mewujudkan sekaligus menceritakan karya kasih Tuhan bagi gereja dan masyarakat.

 

Selisip.com memiliki Tim Kerja yang terus mengupayakan kehadiran tulisan-tulisan untuk dinikmati oleh anggota jemaat dan simpatisan GKI:

Penasihat:
Pdt. Cordelia Gunawan & Pdt. Natanael Setiadi

Pendamping:
Pnt. Prasetyo Mahendro Sanyoto & Pnt. Firman Sebastian
(PPDI BPMSW GKI SW Jawa Barat)

Pemimpin Redaksi:
Pdt. Suryaman

Anggota Redaksi:
Ibu Audrey Octaviany, Bp. Jefrie Tien Yun, Pnt. Galvin T. Bartianus, Pdt. Bernadeth Florenza, Pdt. Charliedus R. Saragih

Editor:
Ibu Debbie K. S., Ibu Grace Kurniawati, Ibu Indriany Santoso

Layouter:
Bp. Teguh Budyantara & Ibu Theolina Winoto

Marketing Komunikasi:
Sdri. Tika

 

Selisip.com terus mengupayakan tulisan-tulisan yang dapat dinikmati oleh para pembaca dengan berbagai informasi dan pemikiran yang dapat dikonsumsi sesuai dengan rubrik yang dihadirkan. Beberapa rubrik yang dihadirkan oleh Tim Kerja di dalam selisip.com, antara lain: Berita, Liputan Khusus, Pastoral, Sosok, Opini, Informasi Kebaktian, Update Covid-19, Katalog Usaha Jemaat, Youth Action, Pojok Sinode, Trivia, Event dan SBSnet. Berbagai rubrik yang ditampilkan ini memberikan makna bahwa keragaman informasi gerejawi, baik itu kegiatan gerejawi (lokal, klasikal, sinodal) sampai meliputi berbagai informasi tentang Bangsa dan Negara Indonesia.

 

Kiranya, melalui kehadiran tulisan ini, mengajak kita kembali untuk membangkitkan kembali rasa memiliki selisip.com sebagai ruang pelayanan bagi penulis GKI yang Tuhan sudah percayakan talenta menulis dengan berbagai ciri khas yang dimiliki. Ajakan ini juga mengarahkan kepada anggota jemaat dan simpatisan GKI untuk menikmati berbagai tulisan untuk melihat perkembangan yang terjadi di seputar kehidupan bergereja, berbangsa dan bernegara. Setidaknya, kita mengambil bagian dalam ruang pelayanan selisip.com, baik sebagai penulis dan pembaca.

 

Kiranya saudara diberkati melalui tulisan-tulisan yang ada, dan saudara sebagai penulis dipakai Tuhan menjadi berkat bagi keluarga besar GKI. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita bersama.

Author